9 Tip Menentukan Cita-cita yang Terbaik untuk Masa Depan

Cita-cita anak
Cita-cita (KalderaNews/Ist)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Cita-cita adalah keinginan, impian, dan harapan seseorang untuk diwujudkan di masa depan.

Umumnya, cita-cita berhubungan dengan pekerjaan atau profesi yang bermanfaat bagi diri sendiri dan masyarakat, seperti menjadi dokter, polisi, TNI, arsitek, dan lainnya.

Namun, banyak orang yang hingga saat ini belum dapat menentukan cita-citanya dan mengalami kesulitan dalam mencapainya. Salah satu faktor yang menghambat pencapaian cita-cita adalah rasa takut akan kegagalan, yang dapat menghalangi impian dan harapan seseorang.

BACA JUGA:

Untuk meraih cita-cita, seseorang perlu berani mengatasi kecemasan dan ketakutan tersebut.

Untuk membantu menentukan cita-cita yang baik, ada beberapa tips yang dapat meningkatkan motivasi seseorang. Beberapa cara tersebut adalah sebagai berikut:

1). Menentukan dari Apa yang Telah Disukai

Menentukan cita-cita dapat dimulai dari apa yang telah disukai dan sering dilakukan sejak masa kecil. Dari hal-hal yang disukai tersebut, seseorang dapat menemukan sesuatu yang istimewa di dalam dirinya dan bisa dijadikan cita-cita untuk masa depan. Misalnya, jika seseorang memiliki hobi di bidang seni seperti melukis, menggambar, atau fotografi, hal tersebut bisa menjadi cikal bakal munculnya sebuah cita-cita yang selama ini terpendam di dalam dirinya dan perlu dikembangkan di kemudian hari.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*