8 Tip Membuat Catatan yang Efektif Saat di Kelas yang Bisa Dicoba

Ilustrasi menulis (KalderaNews/Ist)
Menulis (KalderaNews/Ist)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Saat di kelas, pasti kamu ingin sekali mencatat materi yang disampaikan guru atau dosen. Inilah tip membuat catatan yang efektif di kelas supaya kamu bisa memahami dengan baik materinya.

Membuat catatan yang efektif merupakan keterampilan penting bagi siswa maupun mahasiswa untuk memaksimalkan pemahaman akan materi yang diajarkan di kelas. Catatan yang baik membantu kamu merangkum informasi penting, belajar, mengerjakan tugas dan mempersiapkan diri untuk ujian.

Namun, bagaimanakah cara untuk membuat catatan yang efektif saat di kelas? Tenang saja, inilah beberapa tip yang bisa dicoba!

BACA JUGA:

1. Fokus Dengan Materi yang Diajarkan

Fokuslah sepenuhnya pada materi yang diajarkan di kelas. Hindari gangguan dari ponsel atau perangkat lainnya agar kamu bisa memahami apa yang disampaikan oleh guru maupun dosen dan mencatat informasi dengan baik.

2. Pilih Metode Catatan yang Cocok

Temukan metode catatan yang paling cocok untukmu. Beberapa orang lebih suka catatan linier, sedangkan yang lain mungkin lebih suka mind map atau diagram.

3. Gunakan Kata Kunci dan Frasa Pendek

Gunakan kata kunci dan frasa pendek untuk menangkap inti dari setiap poin penting. Cara ini membantu memadatkan informasi tanpa harus mencatat setiap kata.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*