Teleskop Optik Terbesar di Asia Tenggara Ada di Kupang, NTT

Proyek Observatorium Nasional yang dibangun di kaki Gunung Timau, Nusa Tenggara Timur akan selesai dibangun tahun 2023. (BRIN)
Proyek Observatorium Nasional yang dibangun di kaki Gunung Timau, Nusa Tenggara Timur akan selesai dibangun tahun 2023. (BRIN)
Sharing for Empowerment

KUPANG, KalderaNews.com – Kini, BRIN sedang membangun Observatorium Nasional (Obsnas) di Kupang, Nusa Tenggara Timur. Ada teleskop terbesar di Asia Tenggara.

Observatorium Nasional ini akan menghadirkan teleskop optik 3,8 meter sebagai instrumen utama yang akan dimanfaatkan untuk para periset sains antariksa modern di Indonesia.

Tahun ini ditargetkan instrumen utama Obsnas yang dibangun di kaki gunung Timau diharapkan selesai.

BACA JUGA:

Instrumen utama itu adalah sebuah teleskop dengan cermin yang ukurannya cukup besar yaitu 3,8 meter yang akan termasuk ke dalam 25 teleskop optik terbesar di dunia.

Ini akan menjadi teleskop terbesar di Asia Tenggara, jauh di atas teleskop terbesar yang saat ini ada di wilayah tersebut yaitu yang dimiliki oleh Thailand, yang memiliki ukuran teleskop 2,4 meter.

Teleskop 3,8 meter ini dinamakan Teleskop Timau sama dengan nama observatoriumnya. Teleskop ini berada di kaki gunung Timau di Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Jika berangkat dari Kupang, ibu kota NTT, maka berjarak sekira 3,5 jam dari kota Kupang.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*