Anak Butuh Ruang untuk Aktualisasi Diri, Orang Tua Wajib Pahami Bakat dan Minatnya

Ibu dan Anaknya
Ibu dan Anaknya (Foto: Shutterstock)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Pelaksana tugas (Plt.) Kepala Pusat Prestasi Nasional, Hendarman, mengatakan orang tua memiliki peran penting dalam mengembangkan bakat dan minat anaknya.

“Kita mulai dari mengidentifikasi bakat dan minat anak pada bidang Riset Inovasi, Seni Budaya, atau Olahraga. Kemudian dikembangkan sehingga terekspos. Dengan bakat dan minat anak yang dibina maka berpeluang untuk anak mengikuti ajang dan kegiatan yang disediakan oleh Puspresnas sehingga anak dapat belajar untuk berprestasi,” tutur Hendarman pada acara webinar Mengembangkan Prestasi Anak Bersama Pusat Prestasi Nasional, Sabtu, 14 Oktober 2023.

Lebih lanjut, Hendarman menambahkan agar orang tua dapat mendukung untuk memvalidasi prestasi yang telah diraih anak melalui kurasi talenta sehingga mendapatkan pengakuan resmi dari Pemerintah.

BACA JUGA:

“Puspresnas memiliki kurasi talenta. Misalnya, bila anak kita mengikuti lomba lalu mendapatkan medali emas tetapi seringkali tidak mendapat pengakuan dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB). Oleh karena itu, lomba-lomba yang diikuti oleh anak-anak bisa dikurasi dan diakui secara resmi,” tambahnya.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*