UK Maranatha Bawa Batik Lasem di Seoul Design Award 2023

Membatik. (Ist.)
Membatik. (Ist.)
Sharing for Empowerment

BANDUNG, KalderaNews.com – “The New Face of Batik Lasem Industry” karya tim Universitas Kristen (UK) Maranatha meraih pemenang ketiga Seoul Design Award 2023.

Ini merupakan karya satu-satunya dari Indonesia gelaran tersebut. Penghargaan tersebut diserahkan dalam Seoul Design Award Ceremony beberapa waktu lalu.

“The New Face of Batik Lasem Industry” karya tim UK Maranatha, Indonesia menempati posisi ketiga, bersama lima karya lain dari India, Brasil, Italia, Kroasia, dan Meksiko.

BACA JUGA:

Karya ini merupakan hasil kolaborasi Universitas Kristen Maranatha, Bandung dengan Kemendikbudristek, serta Asia Pacific Rayon (APR).

Kolaborasi dilakukan antara tim peneliti dan desainer dari Program Diploma Seni Rupa dan Desain (Fashion Design) UK Maranatha dengan industri tekstil dan pengusaha batik di Lasem, Rembang.

Bawa batik Lasem dikenal global

Yosepin Sri Ningsih, koordinator peneliti UK Maranatha menyebutkan bahwa proses seleksi dan penilaian Seoul Design Award 2023 sangat ketat.

“Yang dinilai adalah impact dan proses. Tak semata-mata karya berupa produk, tapi hasil dan dampak kinerja bertahun-tahun,” katanya.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*