UNU Yogyakarta Kembangkan Alat Pengusir Hama Bernama Atmi Madi

Petani sedang memanen bibit padi siap tanam
Petani sedang memanen bibit padi siap tanam (KalderaNews/Ist)
Sharing for Empowerment

YOGYAKARTA, KalderaNews.com – Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Yogyakarta mengembangkan sebuah alat pengusir hama untuk bantu petani dongkrak hasil panen.

Alat pengusir hama itu dinamakan ‘Atmi Madi’ yang bisa mengusir hama dengan mudah sehingga bisa meningkatkan produktivitas pertanian.

Atmi Madi sendiri merupakan kepanjangan dari alat pembasmi hama padi. Inovasi alat tersebut merupakan hasil dari program pengabdian masyarakat.

BACA JUGA:

Atmi Padi usir hama dengan mudah

Mahasiswa dan dosen UNU Jogja mengembangkan alat ini agar bisa mengusir berbagai hama seperti belalang dan tikus.

Alat ini diluncurkan dalam Program Pemberdayaan Masyarakat kolaborasi antara UNU Jogja yang didukung oleh Kemendikbud Ristek.

Adapun tema peluncurannya adalah “Implementasi IoT dan EBT Sel Surya Pada ATMI MADI Guna Mendukung Upaya Produksi Pertanian Padi Pada Kelompol Tani Sedya Karya Makmur”.

Atmi Madi sendiri adalah alat canggih yang berbasis energi surya dan internet of things (IoT) dan diluncurkan di Sleman pada Oktober lalu.

Atmi Madi dikembangkan oleh para dosen dan mahasiswa UNU Jogja. Dari tim dosen sendiri ada Marosimy Millaty, Irwan Novianto, Zulfatun Ruscitasari, dan Aris Kusumo.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*