Rektor Universitas Islam Makassar (UIM) Ajak Santri Pahami Moderasi Beragama dan Tangkal Radikalisme

Universitas Islam Makassar (UIM)
Universitas Islam Makassar (UIM)
Sharing for Empowerment

MAKASSAR, KalderaNews.com –  Rektor Universitas Islam Makassar (UIM) Al-Gazali menjadi pembicara dalam Talkshow Moderasi Beragama pada hari Kamis 30 November 2023.

Talkshow tersebut bertema “Membumikan Moderasi Beragama di Lingkungan Madrasah” yang diinisiasi oleh Jaringan Penggerak Diaspora Moderasi Beragama (JPDMB).

Acara talkshow berlangsung di Auditorium KH Muhyiddin Zain UIM. Tujuan kegiatan ini adalah mendorong pemahaman mendalam mengenai konsep dan nilai moderasi beragama.

BACA JUGA:

Ajak santri jadi agen perubahan

Adapun yang menjadi sasarannya adalah santri madrasah. Talkshow ini berupaya untuk memotivasi para pendidik dan santri untuk menjadi agen perubahan.

Diharapkan mereka bisa membumikan sikap moderasi beragama. Madrasah sebagai lembaga pendidikan Islam memiliki peran krusial dalam membentuk karakter dan keyakinan peserta didiknya.

Pada kesempatan ini Prof. Muammar Bakry selaku Rektor UIM Al-Gazali mengungkapkan bahwa bagaimana mempertahankan sikap moderasi beragama di Era Digitalisasi.

“Dalam era digital, di mana informasi mudah di akses dan tersebar melalui berbagai platform online, tantangan dalam mempertahankan sikap moderasi beragama di lingkungan madrasah menjadi semakin kompleks,” ucapnya.

Rektor UIM Al-Gazali juga berharap bahwa santri mampu menjadi garda terdepan dalam menangkal radikalisame di era digitalisasi.

“Maka dari itu, saya harap santri mampu menjadi Garda terdepan menangkal Radikalisame yang menjadi tantangan di era digitalisasi ini,” harapnya.

Muammar Bakry juga menambahkan bahwa di era digital, penting untuk memanfaatkan teknologi sebagai alat memperkuat nilai-nilai keagamaan yang moderat.

Selain rektor UIM Al-Gazali hadir juga sebagai pembicara dari Polda Sulsel, Dr. Nurdin mewakili Kanwil Kemenag Sulsel.

Kemudian ada Dr. H. Afifuddin selaku Ketua Forum Komunikasi Pondok Pesantren se-provinsi Sulawesi Selatan.

Dengan adanya kegiatan Talkshow Moderasi Beragama ini menjadi edukasi bagi para santri madrasah dan pondok pesantren untuk menghadapi tantangan radikalisasi online.

Cek Berita dan Artikel KalderaNews.com lainnya di Google News

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu. Tertarik menjalin kerjasama dengan KalderaNews.com? Silakan hubungi WA (0812 8027 7190) atau email: kalderanews@gmail.com




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*