Siswa-siswi Sekolah Tarakanita Raih Prestasi di Lomba Peneliti Belia Nasional 2023

Pengumuman pemenang bidang Fisika di Lomba Peneliti Belia Nasional 2023 yang berlangsung di Kampus Universitas Multimedia Nusantara Gading Serpong, Banten pada Kamis, 30 November 2023
Pengumuman pemenang bidang Fisika di Lomba Peneliti Belia Nasional 2023 yang berlangsung di Kampus Universitas Multimedia Nusantara Gading Serpong, Banten pada Kamis, 30 November 2023 (KalderaNews/Albertus Cahyo)
Sharing for Empowerment

BANTEN, KalderaNews.com – Saat mendengar istilah peneliti, yang ada di benak pikiran adalah profesi yang digeluti oleh orang-orang dewasa dan berpengalaman dalam bidang ilmu pengetahuan baik alam maupun sosial.

Nyatanya tidak sedikit dari anak-anak muda yang masih berada di tingkat sekolah sudah menggeluti kegiatan penelitian.

Untuk mewadahi dan memfasilitasi peneliti-peneliti muda ini maka diadakan Lomba Peneliti Belia Nasional 2023 yang berlangsungdi Kampus Universitas Multimedia Nusantara Gading Serpong, Banten pada Kamis, 30 November 2023.

BACA JUGA:

Acara dimulai dengan pembukaan pada pukul 08.00 oleh Monica Raharti selaku Ketua Centre Youth Science, kata sambutan Ninok Leksono selaku Rektor UMN dan ditutup oleh Dr. dr. Tri Edhi Budhi Soesilo, M.Sc. selaku Ketua Peneliti Belia Nasional 2023.

Acara yang diikuti oleh para finalis peneliti belia tingkat nasional ini dihadiri sekitar 267 peserta dari berbagai sekolah tingkat SMP dan SMA dari seluruh Indonesia setelah melalui seleksi ketat sebelumnya.

Perwakilan Sekolah Tarakanita

Pada tahun ini Sekolah Tarakanita melalui unit-unit yang terpilih, antara lain Tarakanita Jakarta, Tarakanita Gading Serpong, Sint Carolus Tarakanita Bengkulu, Tarakanita Magelang, Stella Duce Tarakanita Yogyakarta mengirim perwakilannya sebanyak 24 siswa-siswi.

Mereka berkompetisi di beberapa bidang kategori diantaranya : Fisika, Matematika, Ilmu Komputer, Ilmu Hayati, Ilmu Lingkungan, Sejarah, Geografi, Psikologi, Social dan Ekonomi.

Antusiasme peserta terlihat dari persiapan masing-masing tim yang terlihat sangat baik dan matang.

Salah satu peserta dari SMA Sint Carolus Tarakanita Bengkulu menceritakan tentang persiapan yang mereka siapkan untuk lomba ini.

“Di awal kami mengikuti lomba komputer sains, banyak sekali pelajaran yang kami dapat, mulai dari persiapan tentunya sudah banyak, dari menentukan judul yang akan diriset. Hanya menentukan judul ini yang paling sulit menurut saya dan Tadeus, dikarenakan harus ada inovasi terbaru atau yang sudah ada, tapi perlu dikembangkan, apalagi sekarang serba teknologi, dengan banyak pertimbangan yang kami lakukan, mulai dari revisi judul. Akhirnya kami membuat judul membuat website donasi menggunakan Laravel dan Vue JS untuk mendukung sarana dan prasarana sekolah.”

“Di lain sisi penggunaan bahasa Inggris dalam penyampaian presentasi menjadi sebuah tantangan tersendiri,” ungkap Donny Moses Sihombing selaku guru pembimbing Tadeus salah satu peserta lomba komputer sains.

Perwakilan Sekolah Tarakanita di Lomba Peneliti Belia Nasional 2023 yang berlangsung di Kampus Universitas Multimedia Nusantara Gading Serpong, Banten pada Kamis, 30 November 2023
Perwakilan Sekolah Tarakanita di Lomba Peneliti Belia Nasional 2023 yang berlangsung di Kampus Universitas Multimedia Nusantara Gading Serpong, Banten pada Kamis, 30 November 2023 (KalderaNews/Albertus Cahyo)

Berbagai karya penelitian yang ditampilkan memukau juri juga sesama peserta. Banyak hal baru dan menarik yang ternyata bisa dijadikan objek penelitian. Hingga pada puncaknya, acara pengumuman pemenang lomba yang merupakan salah satu rangkaian yang ditunggu-tunggu para peserta tiba.

Sekolah Tarakanita melalui perwakilan siswa-siswinya berhasil meraih prestasi dalam lomba ini, diantaranya:

  • Rivera Josephine Wijaya dari SMA Stella Duce 1 Yogyakarta – (juara 3) Bidang Fisika
  • Angel Anlee dari SMA Tarakanita 2 Pluit, Jakarta – (Juara harapan 1) Bidang Komputer Sains.
  • Aloysius Paul Widjaya & Demetrius Bendito Onggo dari SMA Tarakanita Gading Serpong – (juara harapan 2) Bidang Fisika.
  • Cecilia Elizabeth Longdong & Clara Citra Calista dari SMA Tarakanita Gading Serpong – (Juara Harapan 2) Bidang Sosiologi .

Di acara pengumuman pemenang lomba, Monica Raharti berpesan pada semua peserta lomba ntuk terus menjaga semangat dan daya juang dalam mengembangkan potensi-potensi yang masih banyak sekali untuk dapat digali untuk penelitian selanjutnya, karena nantinya akan dipilih beberapa peserta yang akan diutus mewakili untuk kejuaran internasional. (Albertus Cahyo)

Cek Berita dan Artikel KalderaNews.com lainnya di Google News

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmuTertarik menjalin kerjasama dengan KalderaNews.com? Silakan hubungi WA (0812 8027 7190) atau email: kalderanews@gmail.com.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*