Universitas Perjuangan Gelar Pameran, Kuatkan Profil Pelajar Pancasila

Lambang negara Indonesia, Garuda Pancasila. (KalderaNews.com/Ist.)
Lambang negara Indonesia, Garuda Pancasila. (KalderaNews.com/Ist.)
Sharing for Empowerment

TASIKMALAYA, KalderaNews.com –  Universitas Perjuangan Tasikmalaya (UNPER) dan SDN 2 Tuguraja Tasikmalaya gelar pameran untuk menguatkan Profil Pelajar Pancasila.

Kolaborasi itu dilakukan mahasiswa Pengenalan Lapangan Persekolahan 2 (PLP 2) angkatan 2020 dengan nama kegiatan ‘Galaksi’.

Fajar Nugraha, M.Pd., Dosen Program Studi PGSD selaku dosen pembimbing PLP, mengungkapkan bahwa kegiatan ini sebuah terobosan pendekatan PLP 2 ini.

BACA JUGA:

“Kami tidak hanya fokus pada praktik pembelajaran di kelas, juga memperluas wawasan dan pengalaman mahasiswa mengelola kegiatan di sekolah mitra,” jelasnya.

Implementasi projek penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5)

Selain itu, Dr. Purnomo Saputro, M. Pd selaku Kepala Sekolah SDN 2 Tuguraja menyebutkan, kegiatan Galaksi merupakan implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5).

Adapun P5 sendiri merupakan salah satu ciri kekhasan dalam kurikulum merdeka.

“Jika dulu mahasiswa PLP hanya diberikan tugas tambahan membina kegiatan ekstrakurikuler saja, maka tahun ini ditambahkan membina kegiatan ko-kurikuler,” paparnya.

Galaksi di SDN 2 Tuguraja menggelar kegiatan berupa pameran produk di mana siswa-siswa SD turut ambil bagian aktif.

Siswa memamerkan berbagai produk kreatif yang telah mereka buat, sekaligus memberikan demonstrasi tata cara pembuatan produk tersebut kepada pengunjung yang datang.

Beragam produk kreatif dipajang, mulai dari karya seni hingga produk kerajinan tangan, semuanya dipamerkan dengan penuh semangat oleh siswa SDN 2 Tuguraja.

Para pengunjung, termasuk warga sekolah, dapat melihat langsung proses kreatif dan berkesempatan untuk membeli produk-produk tersebut.

Fajar menegaskan bahwa partisipasi mahasiswa PLP dalam kegiatan ini menjadi langkah nyata untuk mendukung pendidikan dan pengembangan di sekolah mitra.

“Melalui kegiatan ini, mahasiswa PLP tidak hanya mempraktikkan teori pembelajaran di kelas, tetapi juga belajar untuk berkolaborasi, berinovasi, dan mengembangkan keterampilan manajemen acara di lapangan,” tambahnya.

Sebagai bentuk apresiasi, Fajar Nugraha. menyampaikan terima kasih kepada seluruh warga sekolah SDN 2 Tuguraja yang telah memberikan dukungan penuh dalam mensukseskan kegiatan ini.

“Semoga kerjasama ini terus berlanjut dan memberikan manfaat yang besar bagi kedua belah pihak,” ucapnya.

Kegiatan Galaksi di SDN 2 Tuguraja tidak hanya memberikan pengalaman berharga bagi mahasiswa PLP UNPER, tetapi juga menginspirasi siswa SD.

Siswa diharapkan bisa terus mengembangkan kreativitas dan berpartisipasi aktif dalam kegiatan sekolah.

Cek Berita dan Artikel KalderaNews.com lainnya di Google News

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmuTertarik menjalin kerjasama dengan KalderaNews.com? Silakan hubungi WA (0812 8027 7190) atau email: kalderanews@gmail.com




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*