Waspada Gempabumi dan Tsunami, Dwikora: Terjadi Secara Tiba-tiba

Gempa Bumi
Ilustrasi Gempa Bumi
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Dwikorita Karnawati, mendorong upaya penguatan kerjasama dan kolaborasi berkelanjutan antara negara-negara di kawasan Samudera Hindia.

Tujuan utamanya adalah untuk mencegah dan meminimalisir risiko terkait bencana gempabumi dan tsunami yang dapat terjadi secara tiba-tiba.

Dalam “Webinar of Lessons Learnt during Exercise Indian Ocean Wave 2023,” yang diselenggarakan oleh Inter-Governmental Coordination Group for Indian Ocean Tsunami Warning and Mitigation System (ICG/IOTWMS), Dwikorita menekankan bahwa peristiwa tsunami Aceh 2004 menjadi pembelajaran penting bagi negara-negara di kawasan tersebut.

BACA JUGA:

Kejadian tersebut menunjukkan bahwa tsunami yang terjadi secara mendadak dapat memiliki dampak fatal dan menyebabkan kerugian besar.

Dwikorita, yang juga menjabat sebagai Chair of ICG/IOTWMS, mengingatkan bahwa Samudera Hindia merupakan wilayah yang sangat rentan terhadap tsunami karena memiliki dua zona subduksi yang berpotensi menyebabkan tsunami di seluruh samudera.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*