BMKG: Kondisi Iklim Indonesia pada 2024 Netral

Hujan Deras, Musim Hujan
Hujan Deras (KalderaNews/JS de Britto)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – BMKG baru saja mengumumkan bahwa kondisi iklim Indonesia pada tahun 2024 diperkirakan akan berada dalam keadaan netral.

“Climate Outlook 2024” yang dirilis oleh BMKG dapat menjadi panduan untuk perencanaan dan pembangunan di sektor yang terpengaruh oleh fenomena iklim bagi Kementerian/Lembaga, Pemerintah Daerah, dan pihak terkait.

Menurut Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati, gangguan iklim dari Samudra Pasifik, seperti El Nino Lemah – Moderat pada awal tahun 2024, diperkirakan akan beralih ke fase Netral hingga akhir tahun.

BACA JUGA:

Terdapat kemungkinan kecil untuk terjadinya La Nina, yang dapat memicu anomali iklim basah. Fenomena Indian Ocean Dipole (IOD) dari Samudra Hindia juga diprediksi akan berada pada fase Netral sepanjang tahun 2024.

Dikarenakan dinamika atmosfer tersebut, jumlah curah hujan tahunan pada tahun 2024 diperkirakan umumnya akan berada dalam kondisi normal.

Namun, beberapa wilayah, seperti sebagian Aceh, Sumatera Barat selatan, Riau, Kalimantan Selatan, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat utara, Sulawesi Selatan, Papua Barat, dan Papua utara, kemungkinan akan mengalami hujan tahunan di atas normal.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*