Simak! Begini Cara Mudah Membuat Surat Rekomendasi untuk Mendaftar Beasiswa LPDP 2024

Beasiswa LPDP. (Ist.)
Beasiswa LPDP. (Ist.)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Beasiswa LPDP 2024 mewajibkan pendaftarnya menyertakan surat rekomendasi tokoh masyarakat atau akademisi. Begini cara membuatnya!

Surat rekomedasi tersebut adalah dokumen yang menjelaskan kualifikasi, karakter, potensi, serta kemampuan secara akademik atau profesional sebagai calon mahasiswa.

Rekomendasi itu juga harus diminta dari orang yang benar-benar mengenal diri pelamar, seperti supervisor di tempat kerja, dosen pembimbing akademik, dan tokoh masyarakat atau tokoh organisasi profesi.

BACA JUGA:

Bila akan meminta surat rekomendasi, LPDP Kemenkeu memberi saran agar pelamar memperhatikan beberapa hal berikut:

  1. Apa yang diminta kampus atau program studi (Prodi) tujuan.
  2. Jumlah surat rekomendasi yang diminta.
  3. Apakah ada ketentuan dari mana surat rekomendasi itu harus dikeluarkan, seperti atasan dari tempat kerja, sejarawan, atau keduanya.
  4. Apakah ada ketentuan format surat rekomendasi dari kampus tujuan. Bila tidak ada format tertentu biasanya akan berbentuk pertanyaan-pertanyaan yang perlu dijawab.

5 cara meminta surat rekomendasi

Nah, berikut cara meminta surat rekomendasi, berikut caranya:

  • Pilih pemberi surat rekomendasi dengan seksama. Pilihlah yang benar-benar mengenal diri pelamar, bukan sekadar memiliki nama besar.
  • Berikan informasi yang cukup, misal ringkasan data diri, tujuan akademik, alasan memilih program dan sejenisnya. Ini akan membantu mereka memberikan informasi yang relevan dan persuasif.
  • Jangan minta dalam waktu mepet. Idealnya menyediakan waktu 1-3 bulan untuk meminta surat rekomendasi.
  • Mintalah dengan sopan atas kesediaan memberikan waktunya.
  • Kamu juga harus mengucapkan terima kasih.

Cek Berita dan Artikel KalderaNews.com lainnya di Google News

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmuTertarik menjalin kerjasama dengan KalderaNews.com? Silakan hubungi WA (0812 8027 7190) atau email: kalderanews@gmail.com




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*