Prediksi BMKG: Potensi Hujan Sedang-Lebat di Periode Liburan Imlek sampai Pemilu 2024

Hujan di Kota Jakarta
Hujan di Kota Jakarta (KalderaNews/JS de Britto)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Prediksi BMKG ada potensi terjadi hujan sedang hingga lebat pada periode liburan Imlek hingga hari pencoblosan Pemilu 2024.

Saat periode tersebut diprakirakan kondisi cuaca cukup dinamis, sehingga perlu menjadi perhatian untuk warga masyarakat.

BMKG memonitor ada beberapa fenomena atmosfer yang terpantau cukup signifikan serta bisa memicu peningkatan curah hujan di wilayah Indonesia.

BACA JUGA:

Fenomena atmosfer

  • Aktivitas Monsun Asia yang mempengaruhi wilayah potensi pembentukan hujan di wilayah Indonesia Bagian Tengah dan Selatan
  • Masih aktifnya gelombang ekuator Rossby dan Kelvin di sekitar wilayah Indonesia bagian tengah dan timur turut memicu pembentukan awan hujan.
  • Terbentuknya pola belokan dan pertemuan angin yang memanjang di wilayah Indonesia bagian Tengah dan Selatan termasuk Sumatra, Jawa, dan Kalimantan sebagai dampak dari penguatan angin Monsun Asia.

Potensi Cuaca

Berdasarkan kondisi itu, wilayah yang perlu diwaspadai untuk potensi hujan sedang sampai lebat adalah sebagian besar wilayah Sumatera, seluruh wilayah Pulau Jawa, Kalimantan, sebagian wilayah Sulawesi, Maluku Utara, Papua Barat, dan Papua.

Cuaca Jabodetabek

Sementara untuk wilayah Jabodetabek, ada potensi hujan intensitas sedang hingga lebat di Bogor pada siang hingga sore hari.

Sedangkan, hujan ringan berpotensi terjadi di Jakarta, Tangerang, Tangerang Selatan, dan Bekasi pada siang hingga sore hari.

Dan di hari pencoblosan Pemilu, 14 Februari 2024, umumnya berawan pada pagi – siang hari. Ada potensi hujan ringan di Jabodetabek saat siang menjelang sore hari.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*