Kenali 3 Jalur Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru 2024 di PTN Beserta Jadwalnya

Seleksi mahasiswa baru. (kalderanews.com)
Seleksi mahasiswa baru. (kalderanews.com)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Pendidikan tinggi di Indonesia menawarkan berbagai jalur seleksi bagi calon mahasiswa baru. Setiap jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru di PTN memiliki jadwalnya masing-masing.

Kalau kamu ingin sekali berkuliah di Perguruan Tinggi Negeri, maka pastikan untuk mengetahui apa saja jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru yang dibuka.

Hal ini penting agar kamu punya persiapan terbaik. Berikut adalah beberapa jalur seleksi mahasiswa untuk yang ingin berkuliah di PTN!

BACA JUGA:

1. SNBP

Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi adalah jalur pertama yang bisa kamu coba. SNBP ini awalnya punya nama SNBP.

Meski diubah namanya, namun SNBP ini punya skema yang sama dengan SNMPTN yakni jalur seleksi berdasarkan prestasi yang dilakukan secara nasional untuk masuk ke PTN,

Siswa eligible diundang untuk mendaftar berdasarkan prestasi akademis di tingkat SMA. Seleksi dilakukan berdasarkan nilai rapor, prestasi akademis, dan beberapa tes tertentu.

SNBP menitikberatkan pada prestasi akademis selama masa sekolah. Calon mahasiswa dipilih oleh PTN berdasarkan hasil seleksi. Adapun untuk jadwal SNBP 2024 sendiri dimulai tanggal 14 – 28 Februari 2024.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*