Pendaftaran SNBP 2024 Segera Dibuka, Berikut Tip yang Harus Siswa Eligible Perhatikan

Mahasiswa Baru
Mahasiswa Baru (KalderaNews/Ist)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Jadwal pendaftaran Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) sudah dinantikan siswa eligible. Lalu apa tip yang harus dipersiapkan?

Pendaftaran SNBP 2024 dibuka 14 Februari mendatang, sekolah ataupun siswa diharapkan sudah bisa membuat akun SNPMB selama masih ada kesempatan.

Khususnya bagi sekolah, diimbau untuk segera melakukan finalisasi sebelum pendaftaran SNBP 2024 ditutup sehingga siswa eligible tidak dirugikan.

BACA JUGA:

Setelah masa pembuatan akun SNPMB sekolah dan siswa selesai dilaksanakan, maka pada tanggal 14 Februari 2024, siswa eligible sudah bisa mendaftar SNBP 2024.

Syarat siswa yang bisa mendaftar SNBP 2024

  1. Siswa SMA/SMK/MA kelas terakhir (kelas XII) pada tahun  2024 yang memiliki prestasi unggul.
  2. Warga negara Indonesia (WNI) dan memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK)
  3. Memiliki NISN dan terdaftar di PDSS Memiliki nilai rapor yang telah diisikan di PDSS sesuai dengan ketentuan
  4. Wajib mengunggah portofolio bagi yang memilih program studi bidang seni dan olahraga  5. Memiliki prestasi akademik dan memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh masing-masing PTN

Nah, karena pendaftaran SNBP 2024 akan segera dibuka, berikut adalah tip untuk siswa eleigilbe persiapkan dengan baik:

1. Pilih program studi yang tepat

Siswa eligible perlu melakukan penelitian mendalam terkait program studi yang diminati di perguruan tinggi negeri.

Mempelajari kurikulum, prospek karir, dan minat pribadi akan membantu siswa dalam membuat pilihan yang tepat sesuai dengan keinginan dan kemampuan mereka.

2. Persiapkan sertifikat prestasi Akademis

Persiapan sertifikat pendukung baik akademis maupun non akademis menjadi hal yang sangat penting.

Siswa eligible perlu mempersiapkan sertifikat apa saja yang bisa digunakan untuk mendaftar agar tidak keliru melampirkan bukti pendukung.

3. Persiapan Dokumen Pendukung

Selain tes tertulis, SNBP juga memerlukan dokumen-dokumen pendukung seperti rapor nilai. Siswa perlu memastikan bahwa dokumen-dokumen ini lengkap dan disiapkan dengan baik sesuai dengan persyaratan yang ditentukan.

4. Memiliki Rencana Cadangan

Persiapan untuk SNBP selanjutnya adalah memiliki rencana cadangan jika tidak lolos pada jalur tersebut. Siswa perlu mempertimbangkan alternatif lain seperti Seleksi Bersama Nasional Berbasis Tulisan (SNBT) hingga jalur ujian mandiri PTN.

SNBP merupakan kesempatan bagi para siswa untuk meraih cita-cita melalui pendidikan di perguruan tinggi negeri. Dengan persiapan yang matang dan tekun, diharapkan siswa eligible bisa lolos.

Cek Berita dan Artikel KalderaNews.com lainnya di Google News

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmuTertarik menjalin kerjasama dengan KalderaNews.com? Silakan hubungi WA (0812 8027 7190) atau email: kalderanews@gmail.com




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*