5 Penyebab Anak Usia Dini Sering Marah Meledak-Ledak

Sharing for Empowerment

5). Gangguan Perilaku dan Emosi Sejak Dini

Kondisi terakhir yang dapat menjadi penyebab anak mudah marah secara tiba-tiba dan meledak-ledak adalah gangguan perilaku dan emosi sejak dini.

“Memiliki gangguan perilaku dan emosi merupakan sebuah kondisi yang membuat anak mudah marah sulit menahan emosi. Apabila intensitas kemarahan anak sudah terasa tidak wajar (terlalu sering atau terlalu agresif), maka orang tua harus berkonsultasi ke pihak ahli, seperti psikolog atau terapis.” tukasnya.

Seringkali momen anak mengeluarkan amarahnya secara meledak-ledak membuat orang tua menjadi tega membentak dan/atau bahkan memukul anak, padahal dalam keadaan tersebut, menurut Putri, orang tua pun juga harus mengelola emosinya dan mendampingi anak untuk belajar memahami emosi dan mengontrolnya.

“Orang tua dalam hal ini juga harus belajar mengelola emosinya sendiri. Berhadapan dengan tantrumnya anak-anak usia dini tentu bisa membuat orang tua frustasi. Mari kita refleksi diri dan belajar memahami anak-anak berusaha berkata “marah’’ melalui tindakan karena anak-anak belum bisa berpikir jangka panjang tentang akibat perilakunya tersebut,” tandasnya.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*