9 Prospek Kerja Jurusan Hukum Ekonomi Syariah yang Menjanjikan, Referensi untuk Daftar SPAN PTKIN 2024

Sharing for Empowerment

Peran arbiter dan  mediator adalah membantu pihak-pihak yang terlibat dalam sengketa untuk mencapai kesepakatan damai tanpa harus melalui proses persidangan atau arbitrase.

5. Akademisi dan peneliti

Banyak lulusan jurusan Ekonomi Syariah memilih untuk melanjutkan studi lebih lanjut dan menjadi akademisi atau peneliti di bidang hukum ekonomi syariah.

6. Pemberi fatwa hukum ekonomi syariah

Lulusan jurusan Ekonomi Syariah juga bisa menjadi pemberi fatwa dengan memberikan layanan konsultasi kepada perusahaan-perusahaan yang ingin menerapkan prinsip-prinsip ekonomi syariah.

Pekerjaan ini turut membantu perusahaan merancang kebijakan dan prosedur yang sesuai dengan hukum Islam serta memberikan nasihat tentang strategi bisnis yang berkelanjutan.

Sarjana Ekonomi Syariah juga dapat menjadi anggota Dewan Syariah Nasional (DSN) MUI dan Dewan Pengawas Syariah (DPS) baik DPS pada Bank Umum Syariah (BUS), Unit Usaha Syariah (UUS).

7. Advokat

Lulusan jurusan Hukum Ekonomi Syariah juga bisa bekerja sebagai advokat dan memberikan layanan hukum kepada individu, perusahaan, atau lembaga keuangan yang beroperasi sesuai dengan prinsip-prinsip ekonomi Islam.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*