Simak, Inilah 6 Karya yang Bisa Dijadikan Sebagai Pengganti Skripsi

Ilustrasi: Cara cepat selesaikan skripsi. (KalderaNews.com/repro:y.prayogo)
Ilustrasi: Cara cepat selesaikan skripsi. (KalderaNews.com/repro:y.prayogo)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com –  Sekarang, skripsi tidak lagi menjadi persyaratan wajib bagi mahasiswa untuk menyelesaikan gelar sarjana S1. Ada 6 karya yang bisa dijadikan sebagai pengganti skripsi.

Kebijakan ini tercantum dalam Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Permendikbudristek) Nomor 53 Tahun 2023 tentang Penjaminan Mutu Pendidikan.

Aturan tersebut menyatakan bahwa mahasiswa tidak diharuskan menulis skripsi untuk memenuhi syarat kelulusan.

BACA JUGA:

Sebelum kebijakan resmi tersebut diberlakukan, beberapa perguruan tinggi sebenarnya sudah memungkinkan mahasiswa lulus dengan karya dan prestasi yang dianggap setara dengan skripsi.

Dalam informasi yang disampaikan oleh Ditjen Dikti, disajikan beberapa contoh dan metode bagaimana mahasiswa bisa lulus tanpa menulis skripsi. Yuk, cek di sini!

1. Karya sastra

Eldelafimeta, seorang mahasiswa dari Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), memilih untuk tidak menulis skripsi dan malah menggunakan dua buku karyanya sebagai tugas akhir.

Karyanya itu berhasil mendapat perhatian yang besar dengan jumlah pembaca mencapai 17,6 juta melalui platform online. Kamu bisa juga menggunakan karya sastra untuk pengganti skripsi.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*