Mendikbudristek Nadiem Makarim Pertimbangkan Pramuka Jadi Kokurikuler, Maksudnya Gimana Nih?

Sharing for Empowerment

“Alhamdulillah tadi ada beberapa kesepakatan, titik temu yang produktif yang ke depannya kita eksplorasi lebih lanjut, Salah satunya adalah kesepakatan untuk mengintegrasikan pola-pola pendidikan kepramukaan beserta perangkat ajarnya, modul-modul, silabus ke dalam Kurikulum Merdeka sebagai kokurikuler,” ujar Anindito.

Bila Pramuka menjadi kokurikuler maka akan menjadi bagian dari jam pelajaran. Maka, semua peserta didik harus mengikutinya.

Wapres pun mendukung

Sedangkan, Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin mendukung aturan Pramuka menjadi ekstrakurikuler pilihan di sekolah.

Ma’ruf Amin menilai, keputusan tersebut berdampak positif bagi siswa.

Dia menyatakan bahwa hal tersebut hendaknya tidak dipermasalahkan lagi, lantaran peraturan menteri tersebut tidak mencabut Pramuka dari bagian pembelajaran, tetapi memberikan opsi pilihan untuk menjalankannya.

“Sebenarnya Permendikbud itu tidak meniadakan Pramuka, tetapi menggeser. Yang tadi posisinya wajib, menjadi pilihan sesuai ekstrakurikuler. Menurut saya itu bagus. Sebab nanti tidak seperti kemarin, misalnya suka tidak suka kemudian dia dipaksa semua. Dengan pilihan itu, yang masuk Pramuka dia benar-benar punya niat keinginan. Itu akan lebih baik lagi,” ujar Ma’ruf Amin




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*