7 Jurusan Kuliah yang Lulusannya Sulit Dapat Pekerjaan Menurut Data BPS dan Survei Hotcourse

Memilih jurusan kuliah. (by freepik)
Memilih jurusan kuliah. (by freepik)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Inilah 7 jurusan kuliah yang lulusannya sulit dapat pekerjaan sehingga banyak yang menganggur menurut data BPS dan Survei Hotcourse.

Menurut data yang dirilis oleh Badan Pusat Statistik (BPS) pada tahun 2022, terdapat total 884.769 lulusan perguruan tinggi yang mengalami pengangguran atau belum terserap dalam dunia kerja.

Sementara itu, jumlah pengangguran bagi lulusan akademi dan diploma mencapai 235.395 orang, berdasarkan data yang diambil pada bulan Februari 2022.

BACA JUGA:

Beberapa program studi di perguruan tinggi memiliki tingkat kesulitan dalam mencari pekerjaan dan berpotensi menghadapi tingkat pengangguran yang tinggi, berikut daftar lengkapnya.

1. Produksi Televisi/Radio dan Film

Menurut survei dari Hotcourse Indonesia, jurusan kuliah Produksi Televisi/Radio dan Film memiliki tingkat pengangguran yang tinggi yakni mencapai 52,6 persen.

Kemungkinan besar penyebabnya karena pergeseran media dari siaran televisi ke media sosial dan internet yang tengah marak saat ini.

2. Sosiologi

Jurusan sosiologi, yang menekankan pada analisis masyarakat, seringkali sulit bagi lulusannya untuk menemukan pekerjaan yang sesuai dengan keahliannya.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*