Mau Kuliah ke Luar Negeri, Waspadai Kenakalan Agen Pendidikan Ini

Sharing for Empowerment

Berikut beberapa kenakalan agen pendidikan yang sering terjadi:

Meminta Uang Tidak Rasional

Agen pendidikan sering kali meminta biaya yang sangat tinggi untuk layanan mereka, jauh di atas biaya yang diperlukan jika calon mahasiswa mendaftar secara mandiri.

Tidak Memberikan Pendampingan yang Dijanjikan

Setelah menerima pembayaran, beberapa agen tidak memberikan pendampingan yang telah dijanjikan, seperti bantuan di negara tujuan. Calon mahasiswa sering kali hanya diantar sampai bandara dan kemudian ditinggalkan untuk mengurus semuanya sendiri.

Menggunakan Jalur Belakang

Beberapa agen bekerja sama dengan universitas melalui jalur belakang, meminta biaya tambahan untuk surat penerimaan atau layanan lainnya yang sebenarnya melanggar aturan.

Mengiming-Imingi Beasiswa Palsu

Agen pendidikan sering kali mengklaim menyediakan beasiswa, padahal sebenarnya biaya pendidikan di universitas yang dituju sudah disubsidi oleh pemerintah atau memang murah. Beasiswa yang dijanjikan tidak nyata dan hanya sebagai daya tarik.

Menempatkan di Universitas Berkualitas Rendah

Beberapa agen menempatkan calon mahasiswa di universitas yang kurang berkualitas atau di kota yang terpencil tanpa memberitahukan kondisi sebenarnya. Hal ini dilakukan agar universitas tersebut bisa mendapatkan lebih banyak mahasiswa asing dan meningkatkan grade mereka.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*