Susunan Penting untuk Membuat PPT Sidang Skripsi, Yuk Catat!

Menulis skripsi merupakan salah satu tahapan menantang dalam studi mahasiswa (KalderaNews/Ist)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews-.com – Apakah kamu dalam waktu dekat akan sidang skripsi? Inilah susunan penting untuk membuat PPT sidang skripsi yang jangan sampai terlewat.

Presentasi sidang skripsi adalah momen penting bagi mahasiswa untuk mempresentasikan hasil penelitiannya kepada dosen penguji.

Sebuah presentasi yang baik haruslah terstruktur, jelas, dan menarik. Nah, pastikan bahwa kamu sudah menyusunnya dengan benar, ya!

BACA JUGA:

Kalau kamu belum tahu bagaimana urutan atau susunannya, cek panduan untuk menyusun urutan PPT sidang skripsi yang efektif.

1. Judul Skripsi dan Identitas Penulis

Slide pertama harus mencakup judul skripsi, nama penulis, nomor mahasiswa, dan identitas lain seperti nama universitas, fakultas, dan program studi.

2. Latar Belakang Penelitian

 Slide selanjutnya adalah tulis alasan mengapa penelitian ini dilakukan.Sertakan konteks atau masalah yang melatarbelakangi penelitian.

3. Rumusan Masalah dan Tujuan Penelitian

Sajikan rumusan masalah atau pertanyaan penelitian yang menjadi fokus utama skripsi.

Sertakan juga tujuan dari penelitian yang dilakukan dari rumusan masalah tersebut.

4. Manfaat Penelitian

Susunan PPT sidang skripsi yang selanjutnya harus ada dalam slidevadalah menyebutkan manfaat teoritis dan praktis dari penelitia skripsi kamu.

5. Tinjauan Pustaka

Sususan slide PPT yang selanjutnya adalah dengan menguraikan teori-teori dan penelitian sebelumnya yang relevan dengan topik skripsi kamu.

6. Kerangka Teori atau Kerangka Konseptual

Selanjutnya, kamu bisa menuliskan di slide mengenai kerangka teori atau konseptual yang digunakan dalam penelitian. Tulis poinnya secara singkat namun isinya sudah mewakili kerangka teori.

7. Metode Penelitian

Tulis poin yang menjelaskan tentang metode penelitian yang digunakan, termasuk jenis penelitian, populasi dan sampel, teknik pengumpulan data, dan teknik analisis data.

8 Hasil Penelitian dan Pembahasa

 Nah, ini dia susunan penting dalam PPT sidang skripsimu. Presentasikan temuan utama dari penelitian.Gunakan grafik, tabel, atau diagram untuk mempermudah pemahaman.

Kemudian jelaskan interpretasi dari hasil penelitian dan bandingkan dengan teori yang kamu gunakan di dalam skripsi.

9. Kesimpulan

Slide PPT yang berikutnya adalah rangkum temuan utama dari penelitian dan jawab rumusan masalah yang telah disajikan di awal. Berikan saran untuk penelitian selanjutnya  praktis berdasarkan hasil penelitian.

10. Ucapan Terima Kasih

Terakhir, kamu bisa menuliskan kalimat ucapan terima kasih untuk mengakhiri presentasi  sidang skripsimu di depan dosen penguji dan pembimbing.

Itulah susunan penting untuk membuat PPT sidang skripsi. Pastikan setiap slide jelas dan mudah dipahami, serta latih presentasi agar dapat menyampaikannya dengan percaya diri.

Cek Berita dan Artikel KalderaNews.com lainnya di Google News

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmuTertarik menjalin kerjasama dengan KalderaNews.com? Silakan hubungi WA (0812 8027 7190) atau email: kalderanews@gmail.com.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*