7 Kampus Bergengsi di Austria yang Hasilkan Ilmuwan Hebat, Bisa Jadi Pilihan Studi ke Eropa

Studi di Austria. (dok.kalderanews.com)
Studi di Austria. (dok.kalderanews.com)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com –  Berencana untuk melanjutkan studi ke Eropa tetapi masih mencari negara yang pas dengan minat? 7 kampus bergengsi di Austria ini bisa jadi pilihannya!

Pada tahun 2020, Legatum Prosperity Index, sebuah lembaga yang mengevaluasi kondisi 167 negara di seluruh dunia, menempatkan Austria di peringkat ke-22 dalam hal kualitas pendidikan.

Meskipun Austria adalah negara yang relatif kecil dengan populasi hanya 8,7 juta penduduk, negara ini telah menghasilkan banyak lulusan yang memiliki dampak signifikan di berbagai bidang.

BACA JUGA:

Sistem pendidikan di Austria telah terbukti berhasil menghasilkan lulusan yang sukses dalam berbagai bidang. Inilah 7 kampus bergengsi di Austria yang bisa menjadi tujuanmu:

1. University of Vienna

University of Vienna didirikan pada tahun 1365, dan dianggap sebagai universitas tertua di negara-negara berbahasa Jerman seperti Jerman, Austria, Belgia, dan Luxembourg.

Terletak di ibu kota Austria, Wina, universitas ini memiliki bangunan yang indah. University of Vienna menawarkan 55 program sarjana, 110 program magister, 3 program diploma, dan 13 program doktoral.

Namun, mahasiswa internasional diharuskan melampirkan sertifikasi bahasa Jerman minimal tingkat A2 karena sebagian besar program menggunakan bahasa Jerman sebagai bahasa pengantar.

Sejak berdiri, universitas ini telah menjadi tempat belajar bagi banyak ilmuwan terkenal. Salah satunya adalah Sigmund Freud, ahli psikoanalisis yang terkenal.

2. Graz University of Technology

Graz University of Technology terletak di kota Styria di selatan Austria. Universitas ini fokus pada bidang teknik dan ilmu alam.

Meskipun lebih kecil daripada University of Vienna, Graz University of Technology menawarkan berbagai program studi dengan bahasa pengantar bahasa Inggris untuk sejumlah programnya, termasuk 18 program sarjana dan 33 program magister.

Oleh karena itu, mahasiswa internasional diwajibkan untuk menyerahkan hasil tes TOEFL atau IELTS saat mendaftar.

Pada tahun 1875-1878, Nikola Tesla, fisikawan yang terkenal dengan penemuannya yang berpengaruh dalam kehidupan manusia saat ini seperti sistem AC dalam listrik dan teknologi remote control, mengambil studi di universitas ini sebelum kemudian berkarir di perusahaan listrik milik Thomas Edison.

3. University of Salzburg

Salzburg tidak hanya terkenal sebagai kota musik klasik tetapi juga sebagai tempat kelahiran Wolfgang A. Mozart, komponis musik klasik yang terkenal.

 Keindahan kota ini bahkan diabadikan dalam film legendaris “The Sound of Music” (1965) yang terkenal. Leopold Mozart, ayah Mozart yang juga seorang komposer terkenal, belajar filsafat di University of Salzburg.

Selain musik, universitas ini menawarkan program studi di berbagai bidang seperti teologi Katolik, hukum, ilmu sosial, budaya, dan ilmu alam murni.

Mahasiswa internasional harus memiliki sertifikasi bahasa Jerman minimal tingkat B2 untuk mendaftar ke program-program studi tertentu.

4. University of Natural Resources and Life Sciences

University of Natural Resources and Life Sciences terletak di Wina dan terkenal dengan fokusnya pada sumber daya alam yang dapat diperbaharui.

Universitas ini menawarkan program studi di bidang bioteknologi, ilmu alam, dan teknik, dengan 15 departemen dan 3 pusat penelitian yang berfokus pada konservasi habitat, manajemen sumber daya alam, dan kesehatan. Terdapat juga program master internasional dengan pengantar bahasa Inggris.

Universitas ini menjadi pilihan banyak politisi terkemuka di Austria, termasuk Nikolaus Berlakovich dan Andrä Rupprechter, yang menjabat sebagai Menteri Pertanian dan Perhutanan Austria. Josef Pröll, mantan Menteri Keuangan Austria, juga merupakan alumni universitas ini.

5.  University of Innsbruck

University of Innsbruck terletak di kota Innsbruck yang indah, dikelilingi oleh pegunungan Alpen yang megah. Didirikan pada tahun 1669, universitas ini merupakan salah satu pusat pendidikan dan penelitian terkemuka di Austria.

University of Innsbruck menawarkan lebih dari 180 program studi yang mencakup berbagai disiplin ilmu, termasuk ilmu alam, ilmu sosial, humaniora, dan kedokteran.

Selain lingkungan akademik yang memikat, universitas ini juga dikenal karena penelitian dan inovasi di berbagai bidang.

Mahasiswa internasional dapat mengakses program-program studi dalam bahasa Inggris dan Jerman, dengan persyaratan bahasa yang berbeda-beda tergantung pada program studi yang dipilih.

6. Medical University of Vienna

Medical University of Vienna (Medizinische Universität Wien) adalah institusi pendidikan medis dan penelitian terkemuka di Austria.

Terletak di ibu kota Wina, universitas ini didirikan pada tahun 1365 dan telah menjadi pusat inovasi dalam ilmu kedokteran dan ilmu kesehatan.

Universitas ini menawarkan program-program studi yang komprehensif dalam kedokteran, kedokteran gigi, farmasi, ilmu biomedis, dan ilmu kesehatan publik.

Mahasiswa di Medical University of Vienna mendapatkan akses ke fasilitas penelitian mutakhir dan kesempatan untuk bekerja sama dengan para ahli di bidangnya.

7. University of Applied Arts Vienna

University of Applied Arts Vienna (Universität für angewandte Kunst Wien) merupakan pusat keunggulan dalam pendidikan seni terapan di Austria.

Universitas ini menawarkan program-program studi yang inovatif dan multidisiplin di bidang seni visual, arsitektur, desain, dan media.

Didirikan pada tahun 1867, universitas ini telah menghasilkan banyak seniman, desainer, dan arsitek terkemuka.

Mahasiswa di University of Applied Arts Vienna dapat belajar dari para praktisi industri dan mengakses fasilitas studio dan laboratorium yang lengkap.

Itulah sederet kampus bergengsi di Austria yang menawarkan program-program studi berkualitas dan bisa jadi pilihan studi ke Eropa.

Cek Berita dan Artikel KalderaNews.com lainnya di Google News

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmuTertarik menjalin kerjasama dengan KalderaNews.com? Silakan hubungi WA (0812 8027 7190) atau email: kalderanews@gmail.com.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*