Keren Nih! Akan Hadir GPT-5 yang Kecerdasannya Seperti Lulusan Doktoral

Ilustrasi: ChatGPT. (Ist)
Ilustrasi: ChatGPT. (Ist)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Siap-siap, bakal lahir kecerdasan buatan, GPT-5 yang diklaim kepintarannya serupa lulusan program doktoral.

OpenAI memiliki AI model bahasa besar bernama GPT atau Generative Pre-trained Transformer yang sekarang telah mencapai generasi keempat.

Nah, calon generasi berikutnya, GPT-5 bakal memberikan lompatan yang besar. Bahkan, OpenAI mengklaim kepintaran GPT-5 bakal menyerupai lulusan doktoral.

BACA JUGA:

Demikian dikatakan Chief Technology Officer OpenAI, Mira Murati, dalam sebuah unggahan di media sosial X.

Kecerdasan setara Ph.D

“Dalam beberapa tahun ke depan, kami berupaya menciptakan kepintaran setingkat Ph.D untuk tugas-tugas tertentu. Banyak hal berubah dan meningkat dengan sangat cepat.” ujar Murati.

Murati turut menambahkan bahwa kecerdasan “setara Ph.D” itu hanya dapat diterapkan dalam beberapa tugas tertentu saja.

“Sistem ini sudah setara dengan manusia dalam tugas tertentu. Tentu saja, dalam banyak tugas mereka tidak setara,” papar Murati.

Dia membocorkan bahwa GPT-5 diperkirakan akan rilis dalam satu setengah tahun ke depan, atau pada akhir tahun 2025 atau awal tahun 2026.

Hal ini sebenarnya menggenapi perkataan CTO Microsoft, Kevin Scott pada Mei lalu.

Dalam sebuah perbincangan, Kevin Scott mengatakan bahwa sistem AI generasi selanjutnya bakal mampu melewati Ph.D, berkat memori dan operasi penalaran yang lebih baik.

Scott menyatakan, kini AI masih memiliki memori yang bersifat episodik dan tak bisa mengingat interaksi sebelumnya dengan pengguna.

Tetapi, AI nantinya bakal memilki memori yang lebih persisten sehingga mampu memberikan tanggapan secara lebih alami serta akurat dalam berbagai percakapan, tak hanya yang sedang berlangsung saja.

Cek Berita dan Artikel KalderaNews.com lainnya di Google News

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmuTertarik menjalin kerjasama dengan KalderaNews.com? Silakan hubungi WA (0812 8027 7190) atau email: kalderanews@gmail.com.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*