Selamat Berjuang! Empat Siswa Terbaik Wakili Indonesia di International Biology Olympiad 2024

Tim Olimpiade Biologi Indonesia (TOBI) bersama Ahmad Faizal selaku pembina. (dok.puspresnas)
Tim Olimpiade Biologi Indonesia (TOBI) bersama Ahmad Faizal selaku pembina. (dok.puspresnas)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Empat siswa terbaik mewakili Indonesia pada ajang International Biology Olympiad (IBO) ke-35 di Astana, Kazakhstan. siapa saja mereka?

Ajang bergengsi di bidang Biologi ini digelar pada 7 – 14 Juli 2024.

Keempat siswa perwakilan Indonesia di ajang International Biology Olympiad (IBO) 2024 yaitu:

  1. Keisha Rochelline Simorangkir (SMAN 8 Jakarta)
  2. Aaron Christian Endrij (SMA Kristen Penabur Gading Serpong)
  3. Erlangga Dief Putra Hamam (SMA Al Irsyad Al Islamiyah)
  4. Samuel Christian (SMAN 19 Jakarta).

BACA JUGA:

IBO, tes teori dan tes praktikum

IBO 2024 secara resmi dibuka pada Minggu, 7 Juli 2024 di Astana, Kazakhstan.

Bertindak sebagai tuan rumah adalah Nazerbayev University yang didukung sepenuhnya oleh Kementerian Pendidikan Kazakhstan.

Sebanyak 310 siswa dari 78 negara peserta bersaing untuk memperebutkan medali dengan menjalani tes secara intensif yang terdiri dari tes teori dan tes praktikum.

Tes praktikum IBO 2024 terdiri dari 4 topik yang menguji kemampuan eksperimen, dan penerapan metode ilmiah di antaranya:

  • Biologi Sel dan Molekuler
  • Anatomi dan Fisiologi Hewan
  • Biokimia
  • Bioinformatika

Selain tes praktikum, peserta juga akan dihadapkan dengan dua set soal teori akan menguji kemampuan siswa dalam berbagai aspek biologi, termasuk pemahaman konsep, pengetahuan praktis, pemecahan masalah dan aplikasi biologi.

Selama kompetisi, para peserta memiliki kesempatan untuk berinteraksi dengan siswa-siswa berbakat dari negara lain dan berbagi pengetahuan.

Berikan yang terbaik untuk Indonesia!

Kepala Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas), Kemendikbudristek, Maria Veronica Irene Herdjiono, memberikan semangat dan motivasi kepada siswa-siswi perwakilan Indonesia di IBO.

“Berikan yang terbaik untuk Indonesia. Selamat berjuang dan semoga sukses menyertai,” katanya.

Empat siswa tersebut terpilih setelah menyisihkan ribuan siswa dari seluruh Indonesia setelah melewati seleksi berjenjang di Olimpiade Sains Nasional (OSN).

Mereka juga telah melalui tiga tahap pembinaan dan seleksi terpusat yang dilakukan oleh Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas), Kemendikbudristek.

Tim Indonesia juga terdiri dari tim pendamping yang selama ini berperan sebagai tim pembina pusat. Tim pendamping akan bertugas sebagai Juri Internasional/komite akademis di IBO.

Di ajang IBO tahun ini para siswa didampingi oleh Tim Pendamping sekaligus juri dari Indonesia yaitu, Ahmad Faizal (Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati, ITB), Karlia Meitha (Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati, ITB), Agus Dana Permana (Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati, ITB), Titis Setiyobudi (Tim Olimpiade Biologi Indonesia), dan Gracia Septiani Pangaribuan (Puspresnas).

Cek Berita dan Artikel KalderaNews.com lainnya di Google News

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmuTertarik menjalin kerjasama dengan KalderaNews.com? Silakan hubungi WA (0812 8027 7190) atau email: kalderanews@gmail.com.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*