Jadilah Pemilih Pemula Cerdas, Ini Tipsnya




Ilustrasi: Pemilih Pemula

JAKARTA, KalderaNews.com – Pemilu 2019 tinggal menghitung jam. Apakah kamu sudah punya pilihan? Sebagai warga negara yang yang baik dan pemilih pemula yang cerdas, kamu mesti mengikuti pesta demokrasi lima tahunan pada Rabu, 17 April besok.

Datanglah ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) di mana kalian terdaftar sebagai pemilih. Di TPS, kamu akan mendapatkan lima jenis surat suara; Surat Suara Presiden dan Wakil Presiden, Surat Suara Anggota DPR RI, Surat Suara Anggota DPD RI, Surat Suara Anggota DPRD Provinsi, dan Surat Suara Anggota DPRD Kabupaten/Kota. Namun, untuk pemilih di DKI Jakarta, kamu akan mendapat empat surat suara karena tidak memilih Anggota DPRD Kabupaten/Kota.

Ada dua hal yang harus kamu perhatikan sebagai pemilih pemula agar menjadi pemilih cerdas

Pertama, kenali calonmu, baik calon Presiden dan Wakil Presiden maupun calon anggota legislatif. Lihatlah rekam jejak dan program-program kerja mereka. Kamu bisa mencari informasi-informasi ini secara online.

BACA JUGA:

Kedua, bacalah segala informasi tentang Pemilu 2019 dan para kandidatnya. Jangan mudah percaya dengan berita-berita palsu alias hoaks, serta hindari segala pemberian untuk memilih calon tertentu.

Nah, jangan sia-siakan suaramu, karena satu suara saja akan sangat menentukan masa depan negeri ini. Sebagai pemilih pemula, kamu harus menjadi pemilih yang cerdas, agar negeri kian bersinar di masa mendatang. (yp)

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat, dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*