Catat! Ini Tips Persiapan Hadapi Seleksi Sekolah Kedinasan




Ilustrasi: Sekolah Kedinasan

JAKARTA, KalderaNews.com – Selain perguruan tinggi negeri dan swasta, perguruan tinggi kedinasan atau sekolah kedinasan juga bisa menjadi alternatif pilihan bagi kamu yang ingin melanjutkan pendidikan. Apalagi, setelah lulus dari sekolah kedinasan, kamu memiliki kesempatan untuk langsung menjadi pegawai negeri sipil alias PNS.

Sekolah kedinasan juga menjadi solusi tepat bagi kamu yang memiliki kepandaian namun kurang ditunjang kemampuan ekonomi, lantaran sejumlah sekolah kedinasan memberikan pendidikan secara gratis, bahkan memberikan uang saku bulanan. Untuk tahun ini, pendaftaran dibuka 9 hingga 30 April 2019.

Menjadi salah satu mahasiswa di sekolah kedinasan memang tak semudah membalikkan telapak tangan. Kamu mesti mengikuti aneka tahapan seleksi. Tapi itu bukan berarti kamu tidak memiliki kesempatan lho! Nah, berikut ini beberapa tips agar kamu bisa mempersiapkan diri menghadapi tahapan seleksi masuk sekolah kedinasan:

Seleksi Administrasi
Kamu harus membaca dengan detail persyaratan administrasi yang diminta. Semua persyaratan itu mesti kamu persiapkan sesuai dengan sekolah kedinasan yang kamu pilih. Semua persyaratan itu telah diumumkan di portal resmi http://sscndikdin.bkn.go.id. Pastikan kamu membaca persyaratan sesuai dengan sekolah kedinasan yang kamu pilih.

Hampir semua persyaratan administrasi harus dilegalisir. Jadi, kamu mesti bolak-balik berurusan dengan birokrasi dinas terkait. So, jangan mudah bosan atau mengeluh jika berhadapan dengan birokrasi yang kadang berbelit. Ikuti dan jalani saja! Anggaplah ini perjuangan awal kamu untuk menggapai cita-cita menjadi abdi negara.

BACA JUGA

Tes Kesehatan
Semua sekolah kedinasan akan menerapkan seleksi kesehatan. Maka, sebelum mengikuti tahapan seleksi ini, kamu mesti benar-benar menjaga kesehatan dengan menjaga pola makan, istirahat yang teratur, olahraga, dan yang lain. Jika perlu, kamu melakukan pemeriksaan kesehatan secara menyeluruh di rumah sakit. Bila ditemukan beberapa hal yang nantinya bisa membuat kamu gugur, segeralah berobat atau berkonsultasi dengan dokter.

Seleksi Tes Kesamaptaan
Tahapan seleksi ini lebih mengutamakan kemampuan fisik, seperti tes ketahanan lari selama 12 menit. Kamu tentu bisa mempersiapkan untuk menghadapi seleksi dengan berlatih secara rutin. Sehingga ketika tiba hari seleksi kemampuan fisik kamu telah teruji. Selain ketahanan lari, ada pula kemampuan push up, pull up, dan sit up, serta renang. Nah, masih ada waktu untuk mempersiapkan diri kan!

Seleksi Tertulis Tes Kompetensi Dasar (TKD)
Semua tahapan seleksi masuk sekolah kedinasan penting, termasuk seleksi tertulis tes kompetensi dasar. Seleksi ini menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT) atau berbasis komputer. TKD terdiri atas Tes Karakteristik Pribadi (TKP), Tes Intelegensi Umum (TIU), Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Potensi Akademik (TPA), dan Tes Bahasa Inggris (TBI).

Agar lulus dari tahapan seleksi ini, kamu benar-benar harus belajar giat. Mulai dengan belajar mengerjakan kisi-kisi soal yang akan diujikan. Kamu juga mesti mempertimbangkan waktu pengerjaan setiap soal, lantaran pada saat tes nanti, waktu yang diberikan juga terbatas. Jika perlu, kamu bisa mengikuti bimbingan belajar yang khusus memberikan latihan soal tes seleksi masuk sekolah kedinasan.

Seleksi Tes Wawancara
Untuk mempersiapkan diri menghadapi tes wawancara, kamu mesti mesti mempelajari lagi UUD, sejarah Indonesia, Pancasila, dan pengetahuan umum. Yang paling penting dalam tes wawancara adalah mental dan kejujuran. Dengan persiapan yang matang, kamu pasti akan lebih percaya diri, serta jangan sekali-sekali tidak jujur dalam proses wawancara.

Seleksi Penentuan Tahap Akhir
Ini merupakan tahapan seleksi tingkat pusat dan tingkat terakhir yang biasanya berisi semua tahapan seleksi tes yang diulang kembali, ditambah tes kesehatan jiwa.

Semua tahapan seleksi itu penting, karena jika kamu tidak lulus di satu tahapan saja, maka kamu akan gugur. Lantaran peminatnya banyak, maka persaingan pun akan ketat hingga tahapan seleksi akhir. Namun, dengan persiapan yang matang, yakinlah kamu mampu menghadapi semua tahapan seleksi tersebut. Selamat berjuang! (yp)

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat, dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*