Pendaftaran KIP Kuliah Tidak Diperpanjang, Segera Daftar di Sini

Kartu-Indonesia-Pintar-KIP-Kuliah
Kartu Indonesia Pintar KIP Kuliah. (Dok. Kalderanews)

JAKARTA, KalderaNews.com – Pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2020 khusus bagi calon mahasiswa dari keluarga kurang mampu yang akan menggunakan KIP Kuliah tidak diperpajang karena kasus Corona. Karena itu, sebentar lagi pendaftaran SNMPTN bakal ditutup, tepat 31 Maret 2020.

Dikutip dari akun resmi Instagram KIP Kuliah @kipkuliah.kemdikbud, penutupan jalur seleksi SNMPTN KIP Kuliah akan segera ditutup.

Berikut ini kutipan langsung dari IG KIP Kuliah tersebut “Ayo yang ikut jalur masuk SNMPTN segera melengkapi berkasnya ya. Perlu diketahui, pendaftaran SNMPTN sebenarnya sudah ditutup pada 27 Februari 2020 yang lalu. Namun ada perpanjangan waktu pendaftaran khusus bagi peserta KIP Kuliah. Jika kamu adalah salah satu siswa yang sudah berhak mendaftar (eligible) pada SNMPTN 2020, dan butuh dukungan KIP Kuliah, maka segera daftar KIP Kuliah.”

BACA JUGA:

“Adapun pendaftaran KIP Kuliah bisa dilakukan melalui laman resmi https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/.

Berikut ini cara dan alur daftar KIP Kuliah:

1). Pengisian Data Nomor Pendaftaran KIP Kuliah di portal LTMPT melalui laman https://portal.ltmpt.ac.id diwajibkan bagi:

  • Siswa yang sudah memiliki Nomor Pendaftaran KIP Kuliah. Pendaftaran KIP Kuliah dilakukan secara mandiri pada laman https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id
  • Siswa yang sudah memiliki akun LTMPT
  • Siswa yang sudah mendaftar atau yang akan mendaftar SNMPTN 2020 (karena menunggu Kepemilikan Nomor Pendaftaran KIP Kuliah tahun 2020).

2). Pengisian Data Nomor Pendaftaran KIP Kuliah di portal LTMPT dapat dilakukan dengan cara:

  • Login ke laman https://portal.ltmpt.ac.id menggunakan akun LTMPT yang sudah dimiliki
  • Pilih menu “Pengisian Data Nomor Pendaftaran KIP Kuliah”, dan
  • Isikan Nomor Pendaftaran KIP Kuliah yang sudah dimiliki.

3). Pendaftaran SNMPTN 2020 bagi siswa yang telah memiliki Nomor Pendaftaran KIP Kuliah dan sudah melakukan Pengisian Data Nomor Pendaftaran KIP Kuliah seperti dijelaskan dalam nomor 1 dan 2 di atas, diatur sebagai berikut:

  • Siswa yang telah melakukan finalisasi (cetak kartu) tidak perlu melakukan pendaftaran SNMPTN lagi, karena proses sinkronisasi Nomor Pendaftaran KIP Kuliah dan Data Pendaftar SNMPTN di LTMPT akan dilakukan secara otomatis
  • Siswa yang sudah melakukan pendaftaran sampai dengan memilih program studi dan belum finalisasi, diharuskan melakukan Finalisasi dan Cetak Kartu Tanda Peserta SNMPTN 2020, pada tanggal 2-31 Maret 2020
  • Siswa yang belum melakukan pendaftaran, disilahkan melakukan Pendaftaran sampai proses Finalisasi dan Cetak Kartu Tanda Peserta SNMPTN 2020, pada tanggal 2-31 Maret 2020.

4). Siswa yang memiliki Nomor Pendaftaran KIP Kuliah tidak dipungut biaya untuk Pendaftaran UTBK-SBMPTN 2020. (hanya saja, untuk ikut UTBK yang kedua harus membayar biaya pendaftaran UTBK).

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*