Cara Menulis di KalderaNews.com

JAKARTA, KalderaNews.com – Dalam beberapa hari terakhir ini masuk banyak pertanyaan ke KalderaNews.com apakah user bisa menerbitkan tulisannya di KalderaNews.com. Nah, buat kamu yang punya ide dan unek-unek seputar dunia pendidikan yang masih mengendap di kepala, kini bisa segera menuangkannya di KalderaNews.com.

KalderaNews.com mengakomodasi keinginan user yang ingin menulis di KalderaNews.com agar tulisannya dibaca ribuan pembaca KalderaNews.com dengan membuka platform User-Generated Content (UGC) atau disebut juga User-Created Content (UCC).

UGC atau UCC adalah konten buatan pengguna atau pembaca yang akan dipublikasikan secara terbuka di KalderaNews.com setelah melalui proses moderasi dan editing tim. Jenis tulisan yang layak diterbitkan yakni tulisan-tulisan inspiratif di seputar dunia pendidikan dengan bahasa yang sederhana saja karena hidup ini mungkin sudah terlalu serius.

Tulisan yang boleh dikirim mulai dari tip sekolah, tip kuliah, tip sains, tip teknologi, tip keuangan, tip beasiswa, pengalaman sekolah dan kuliah, unek-unek, acara sekolah dan kampus, catatan kritis, curhat tentang PPJ dan artikel inspiratif lainnya seputar dunia pendidikan yang tidak mengandung unsur promosi dengan bahasa sehari-hari yang enak dinikmati.

Berikut ini contoh tulisan ringan yang inspiratif:

Cara memulainya sangat mudah, kamu cukup mengirimnya melalui kolom yang telah disediakan dengan mengisi Nama, Email, Judul Tulisan, Katogori (uncategorized), Isi Tulisan dan Foto Diri sebesar 400 pixels (600X400 pixels).

Ketentuan Menulis:
Biar tulisan kamu layak dan segera diterbitkan, berikut ini beberapa ketentuan yang wajib diperhatikan:

  • Semakin rapi kamu menulis, semakin cepat tulisan diterbitkan
  • Tulisan wajib memperhatikan tata-bahasa standar, dari soal tanda-baca, huruf besar-huruf-kecil, dan penggunaan transliterasi yang benar serta belum diterbitkan di media atau UGC lain.
  • Setiap tulisan wajib disertakan foto/gambar diri user sebesar 400 pixels (600X400 pixels)
  • Jika setelah seminggu karya dikirimkan belum mendapat balasan dari kami atau mendapatkan notifikasi email kalau naskahmu ditolak, artinya kamu belum beruntung. Kendati demikian, kamu berhak dan boleh mengirimkannya lagi dalam keadaan yang sudah direvisi.
  • Panjang setiap paragraf/alinea adalah antara 2 hingga 4 baris atau antara 200 hingga 300 karakter. Paragraf/alinea yang lebih dari 4 baris akan terlihat sangat panjang pada layar HP/ponsel
  • Tim KalderaNews.com berhak menyunting dan menentukan layak tayang atau tidak tulisan yang kamu kirimkan.

Platform User-Generated Content (UGC) atau disebut juga User-Created Content (UCC) ini layak jadi sarana belajar menulis bagi pelajar, mahasiswa, guru, dosen dan pemerhati pendidikan yang ingin menginspirasi masyarakat melalui tulisan-tulisannya. Kuy, jangan biarkan ide-ide kreatifmu mengendap di kepala, tuangkan segera DI SINI.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


589 views