720 Siswa SMP di Jateng Ikuti Kawah Kepemimpinan Pelajar

Siswa SMP Ikuti Kawah Kepemimpinan Pelajar (KKP)
Kawah Kepemimpinan Pelajar (KKP) Siswa SMP tahun 2019 diselenggarakan di Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, 25-28 Maret 2019 (KalderaNews/Kemendikbud)

SEMARANG, KalderaNews.com – Sebanyak 720 siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) mengikuti Kawah Kepemimpinan Pelajar (KKP) Siswa SMP tahun 2019 yang diselenggarakan di Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, 25-28 Maret 2019.

Kepemimpinan merupakan modal strategis yang harus dimiliki oleh manusia karena pada hakikatnya manusia diciptakan untuk menjadi pemimpin bagi diri sendiri dan lingkungannya. Sekolah sebagai lembaga pendidikan formal memiliki peran strategis untuk membentuk jiwa kepemimpinan peserta didik.

Kegiatan KKP Siswa SMP 2019 ini mengangkat tema “Unggul, Berkarakter, dan Berkarya”. KKP jenjang SMP ini merupakan salah satu bentuk perwujudan dari Progran Pendidikan Karakter.

BACA JUGA:

Tujuan kegiatan KKP ini adalah melatih, mengasah, dan memperkuat jiwa kepemimpinan siswa, membentuk budi pekerti siswa melalui jiwa kepemimpinan, menjalin dan mempererat persahabatan antar siswa, menumbuhkan rasa cinta tanah air dan bangsa dan menyiapkan peserta didik menghadapi tantangan masa depan baik di tingkat nasional, maupun global.

“Adik-adik di sini harus dapat membaur satu sama lain. Jangan membaur dengan teman satu sekolahnya sendiri, tetapi juga membaur dari sekolah lain. Bangunlah komunikasi yang baik satu sama lain,” ujar Kepala Sub Direktorat (Kasubdit) Peserta Didik, Direktorat Pembinaan SMP, Maulani Mega Hapsari, Selasa, 26 Maret 2019.

Para peserta KKP SMP tahun 2019 di Provinsi Jawa Tengah ini berasal dari Kabupaten Semarang, Kabupaten Batang, Kabupaten Demak, Kabupaten Kendal, Kabupaten Kudus, Kabupaten Jepara, Kabupaten Pati, Kabupaten Pekalongan, Kabupaten Rembang, Kabupaten Temanggung, Kabupaten Pemalang, Kabupaten Boyolali, Kota Pekalongan, Kota Salatiga, dan Kota Semarang. Selain siswa, turut hadir 80 guru pendamping para siswa tersebut. (LF)

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*