Untuk Mahasiswa Baru, Yuk Simak Cara Menyesuaikan Diri di Kampus




Tips Beradaptasi di Kampus Baru
Ilustrasi: Tips Beradaptasi di Kampus Baru

JAKARTA, KalderaNews.com –  Kamu sudah siap menjadi mahasiswa baru? Kuliah adalah dunia baru yang akan memberikan kamu banyak pengalaman. Dalam perkuliahan, kamu dituntut belajar mandiri dan bisa menyesuaikan diri dengan baik. Nah, agar kamu bisa cepat menyesuaikan diri dengan lingkungan kampus, yuk simak tips berikut:

Membuka diri
Pertama yang harus kamu lakukan adalah belajar membuka diri dengan orang-orang baru. Cobalah mengajak kenalan teman-teman yang baru kamu. Kamu bisa memulainya saat masa orientasi mahasiswa baru. Bersikaplah ramah kepada semua orang, dan jadilah pribadi yang menyenangkan. Dengan begitu kamu akan mudah mendapatkan teman baru.

BACA JUGA:

Cari tahu sistem kuliah
Banyak sekali hal baru yang harus kamu ketahui saat kuliah, seperti sistem SKS, IP, IPK, KRS, semester pendek, mata kuliah wajib, mata kuliah pilihan, dan yang lain. Sistem belajar di kampus juga berbeda dengan SMA, karena sistem perkuliahan sangat mementingkan kemandirian mahasiswa. Maka, jika kamu tidak tahu, jangan ragu untuk bertanya kepada dosen atau kakak kelas.

Buat kesan baik
Tipe dosen itu sangat bermacam. Agar dosen punya kesan pertama yang baik, kamu jangan pernah terlambat masuk kelas atau telat mengumpulkan tugas. Tunjukkan sikap aktif dan inisiatif selama di kelas. Selesaikan semua tugas dengan maksimal dan jangan pernah menyontek saat ujian. Di luar kelas, kamu juga bisa mengajak sang dosen mengobrol aneka hal.

Buat kelompok belajar
Jangan ragu untuk berkelompok bersama teman-teman. Dengan belajar bersama, kamu bisa mendapatkan wawasan tambahan dari teman-teman. Kamu bisa saling bertukar pendapat serta berbagi ilmu.

Masuk organisasi kampus
Selain mendapatkan pengalaman baru, masuk ke sebuah organisasi di kampus juga akan memperluas pergaulan kamu. Apalagi jika Unit Kegiatan Mahasiswa atau organisasi yang kamu ikuti itu sesuai dengan minat dan bakat kamu.

Sudah siap menghadapi tantangan baru sebagai mahasiswa baru? (yp)

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*