Cek Di Sini, Beasiswa S2 dan S3 di Perancis, Tutup 9 Januari 2020

Ilustrasi: Eiffel Excellence Scholarship Programme dari Pemerintah Perancis. (Ist.)
Ilustrasi: Eiffel Excellence Scholarship Programme dari Pemerintah Perancis. (Ist.)

JAKARTA, KalderaNews.com – Pemerintah Perancis membuka Eiffel Excellence Scholarship Programme, yang merupakan program beasiswa bagi kandidat internasional untuk melanjutkan studi pascasarjana di lembaga pendidikan tinggi Perancis. Beasiswa Eiffel terbuka untuk jenjang master dan PhD untuk tahun akademik 2020-2021.

BACA JUGA:

Beasiswa Eiffel untuk program master berdurasi 12 bulan (M2 level); 36 bulan (M1 level); atau 1-3 tahun, tergantung jenis program kuliah yang diambil. Beasiswa ini meliputi tunjangan bulanan dan uang saku. Disediakan pula tiket pesawat pulang-pergi, transportasi nasional, transportasi lokal, jaminan sosial, asuransi kesehatan, kegiatan budaya, serta tunjangan untuk tempat tinggal.

Sedangkan beasiswa program S3 diberikan maksimum 12 bulan atau ditujukan bagi mahasiswa doktoral tingkat lanjut yang ingin melakukan co-tutelle disertasi di Perancis. Beasiswa ini meliputi tunjangan bulanan, tiket pesawat, transportasi nasional dan lokal, serta fasilitas lain.

Beasiswa Eiffel tidak mencakup biaya pendaftaran ke universitas serta biaya kuliah. Hanya saja di Perancis, terutama di institusi pendidikan negeri, negara mendanai biaya studi per tahun untuk tiap mahasiswa tanpa terkecuali, termasuk mahasiswa internasional. Subsidi ini membuat biaya kuliah di Perancis menjadi murah.

Persyaratan:

  • Kandidat bukan warga negara Perancis atau berkewarganegaraan ganda dengan Perancis.
  • Usia calon tidak lebih dari 30 tahun untuk kuliah master hingga tanggal pertemuan Komite Seleksi (lahir setelah Maret 1989); untuk jenjang PhD usia calon tidak lebih dari 35 tahun hingga tanggal pertemuan Komite Seleksi (lahir setelah Maret 1984).
  • Hanya aplikasi yang diajukan oleh lembaga pendidikan Perancis yang diterima.
  • Bagi kandidat yang sudah atau sedang menerima beasiswa lain dari Pemerintah Perancis tidak bisa mengikuti program beasiswa ini.
  • Memenuhi syarat kemampuan bahasa untuk bahasa pengantar perkuliahan.

Pendaftaran:

Pengajuan aplikasi Beasiswa Eiffel 2020 tidak diajukan sendiri oleh peserta, tapi oleh universitas atau perguruan tinggi di Perancis yang dilamar. Maka, kamu harus mendaftar terlebih dahulu ke salah satu universitas di Perancis. Setelah diterima (memperoleh offer) mintalah agar kamu bisa diusulkan menerima Beasiswa Eiffel.

Pendaftaran telah dibuka sejak 21 Oktober 2019. Aplikasi beasiswa sudah harus diterima oleh Campus France dari pihak universitas paling lambat 9 Januari 2020. Artinya, jika saat ini kamu telah diterima di salah satu perguruan tinggi di Perancis, kamu bisa mengajukan diri melalui perguruan tinggi tersebut untuk mendaftar beasiswa ini.

Pengumuman penerima beasiswa ini akan disampaikan pada 23 Maret 2020 melalui website Campus France. Nah, bagi kamu yang tertarik dengan beasiswa ini, bisa langsung cek saja di sini. (yp)

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*