Pohon Natal Limbah Plastik Karya Siswa SD Karitas Purwokerto

Ilustrasi: Pohon Natal dari limbah plastik di SD Karitas Purwokerto. (Ist)
Ilustrasi: Pohon Natal dari limbah plastik di SD Karitas Purwokerto. (Ist)

PURWOKERTO, KalderaNews.com – Puluhan siswa SD Karitas Purwokerto, Jawa Tengah, turut serta membuat pohon Natal yang terbuat dari limbah plastik. Beragam sampah plastik, seperti kemasan kopi, mi instan, sabun, serta yang lain dirangkai dengan tali, lantas dililitkan di kerangka pohon Natal yang terbuat dari bambu. Tinggi pohon Natal 8,6 meter dengan diameter empat meter. Selain siswa, para guru, komite sekolah, dan orangtua siswa juga terlibat dalam pembuatan pohon Natal ini.

BACA JUGA:

“Saya mengumpulkan sampah plastik dari rumah. Di rumah saya juga buat ekobrik untuk membuat kursi,” ujar Brandon, siswa SD Karitas Purwokerto.

Pembuatan pohon Natal berbahan limbah plastik menjadi salah satu media pembelajaran agar siswa turut menyelamatkan bumi dari sampah plastik. Demikian kata Mariatun, Kepala SD Karitas Purwokerto. Dan rencana, setelah Natal nanti, limbah plastik tersebut akan dimanfaatkan untuk pembuatan ekobrik yang bisa dimanfaatkan menjadi bahan baku aneka kerajinan. “Bambu kerangka itu juga akan dijadikan green house, sehingga lingkungan tetap bersih,” ujar Mariatun. (yp)

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*