Pendaftaran Program Beasiswa Santri Berprestasi (PBSB) 2020 Gratis Tutup 30 April 2020

Santri Berprestasi
Santri Berprestasi

JAKARTA, KalderaNews.com – Ditjen Pendidikan Islam Kementerian Agama (Kemenag) kembali membuka Program Beasiswa Santri Berprestasi (PBSB) tahun 2020. Pendaftaran dibuka selama sebulan, 1-30 April 2020.

Diketahui, Program Beasiswa Santri Berprestasi disingkat menjadi PBSB adalah sebuah program afirmatif perluasan akses santri untuk melanjutkan studi sarjana dan profesi melalui suatu program yang terintegrasi mulai dari proses kerjasama, pengelolaan, sistem seleksi khusus bagi santri, serta pemberian bantuan pembiayaan yang diperlukan bagi santri yang memenuhi syarat, sampai dengan pembinaan masa studi dan pembinaan pengabdian setelah lulus.

Perguruan Tinggi Mitra Kementerian Agama dalam PBSB Tahun Anggaran 2016 adalah: Institut Pertanian Bogor (IPB), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, Universitas Airlangga (UNAIR) Surabaya, Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar serta Universitas Cenderawasih Jayapura.

BACA JUGA:

Bagi yang ingin mendaftar Kemenag telah menyiapkan aplikasi pendaftaran PBSB secara online. Para santri yang akan mendaftar, dapat mengakses https://ditpdpontren.kemenag.go.id/pbsb/

Berbeda dari PBSB sebelumnya, PBSB 2020 difokuskan pada penyiapan kader ulama dengan fokus pilihan studi PBSB adalah pada Ma’had Aly dan program studi ilmu agama Islam unggulan di Maroko.

Ada lima pilihan studi PBSB tahun 2020, yaitu: Ma’had Aly As’adiyah Sengkang, Sulawesi Selatan (Tafsir dan Ilmu Tafsir), Ma’had Aly Hasyim Asy’ari Jombang, Jawa Timur (Hadits dan Ilmu Hadits), Ma’had Aly Kebonjambu Cirebon, Jawa Barat (Fiqih dan Ushul Fiqih), Ma’had Aly Salafiyah Syafi’iyah Situbondo, Jawa Timur (Fiqih dan Ushul Fiqih) dan Universitas di Maroko, Kerjasama Kementerian Agama RI dan Kementerian Wakaf dan Urusan Islam Kerajaan Maroko untuk program studi Islamic Studies.

Sehubungan adanya pandemi Korona (Covid-19) seleksi dibagi dalam dua tahap. Pola rekrutmen ini dipilih dalam rangka melaksanakan physical distancing dan memprioritaskan kesehatan serta keselamatan bersama:

  • Seleksi tahap 1 dilaksanakan menggunakan pola seleksi portofolio yang diunggah oleh pendaftar dalam aplikasi yang disediakan (panduan dan materi portofolio serta
    mekanisme penilaian akan dijelaskan dalam aplikasi pendaftaran). Portofolio harus diunggah selama masa pendaftaran. Pengumuman kelulusan seleksi tahap 1 akan diumumkan pada tanggal 3 Juni 2020. Bagi pendaftar yang dinyatakan lulus seleksi tahap 1 berhak mengikuti seleksi tahap 2.
  • Seleksi tahap 2 dilaksanakan menggunakan pola seleksi tes wawancara/lisan secara online pada tanggal 16-17 Juni 2020 (masing-masing pendaftar akan mendapatkan jadwal tes wawancara/lisan online melalui email yang disesuaikan dengan jumlah peserta pada masing-masing perguruan tinggi yang dituju). Seleksi tes wawancara/lisan secara online menggunakan aplikasi Zoom Cloud Meetings berbasis android, iOS dan PC antara pendaftar dengan penguji dari tempat tinggal masing-masing. Sebelum memulai tes wawancara/lisan secara online, pendaftar harap memastikan aplikasi Zoom Cloud Meetings sudah terinstal dan berfungsi dengan baik pada perangkat Hp Android, Iphone atau PC/Laptop yang akan digunakan oleh pendaftar, serta memastikan jaringan koneksi yang digunakan. Pendaftar diharap telah siap dengan perangkatnya sesuai dengan jadwal tes wawancara/lisan secara online yang telah ditentukan, panitia ujian/tim penguji akan menghubungi pendaftar dan memberikan link, id room meeting serta password untuk bisa diakses oleh peserta tes. Pengumuman kelulusan seleksi tahap 2 akan diumumkan pada tanggal 23 Juni 2020. Tes wawancara/lisan dilaksanakan berbahasa Arab, dengan materi uji sebagai berikut:
    a). Tes wawasan kepesantrenan
    b). Tes membaca dan memahami kitab kuning
    c). Tes tahfizh 100 Bait Nazham Alfiyah Ibn Malik
    d). Tes tahfizh al-Qur’an minimal 1 (satu) juz untuk pilihan Ma’had Aly, 10 (sepuluh) juz untuk pilihan Universitas di Maroko.

Bagi pendaftar pada pilihan Universitas di Maroko yang dinyatakan lulus tahap 2 akan mengikuti Matrikulasi Bahasa dan Persiapan Perkuliahan selama 2 bulan pada September hingga Oktober 2020 di lokasi pondok pesantren yang akan diumumkan kemudian (mencermati dan menyesuaikan perkembangan kondisi darurat Covid-19).

Proses pendaftaran, pelaksanaan seleksi, serta Matrikulasi Bahasa dan Persiapan Perkuliahan di Maroko, selain transportasi, tidak dipungut biaya (gratis). Pendaftar diminta waspada dan berhati-hati terhadap informasi hoaks dan penipuan yang mengatasnamakan PBSB.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*