3 Karakter yang Aktual Ditanamkan pada Siswa di Masa Pandemi Covid-19

Pengawas SMK Cabang Dinas Pendidikan Wilayah I Provinsi Jawa Barat, Dina Martha Tiraswati, M.Pd
Pengawas SMK Cabang Dinas Pendidikan Wilayah I Provinsi Jawa Barat, Dina Martha Tiraswati, M.Pd (KalderaNews/JS de Britto)

BANDUNG, KalderaNews.com – Pengawas SMK Cabang Dinas Pendidikan Wilayah I Provinsi Jawa Barat, Dina Martha Tiraswati, M.Pd menegaskan salah satu peranan guru adalah melaksanakan pembelajaran dengan menanamkan beberapa nilai pendidikan karakter.

Kebijakan belajar dari rumah (BDR) merupakan tantangan bagi guru, dimana guru harus melakukan pembekalan jarak jauh dengan tuntutan ada perubahan karakter siswa lebih baik tanpa bisa menyentuh peserta didik.

BACA JUGA:

Berikut ini 3 nilai pendidikan karakter yang menjadi aktual ditanamkan di masa pandemi Covid-19 dalam pandangan Dina Martha Tiraswati, M.Pd seperti dikutip dari situs resmi Disdik Jabar:

1). Disiplin

Disiplin yang merujuk pada patuh dan tertibnya peserta didik dalam menaati peraturan. Dalam situasi pembelajaran tatap muka, tentu suasananya berbeda.

2). Jujur

Ketika ujian ataupun mengerjakan tugas dari guru, peserta didik cenderung mengerjakan soal dengan sungguh-sungguh karena guru memantau dalam kelas. Berbeda ketika mengerjakan ujian secara daring, keseriusan peserta didik dalam mengerjakan ujian berkurang, bahkan mengundang peserta didik melakukan plagiarisme karena tanpa pengawasan guru, meskipun orang tua mendampinginya. Tentunya pengawasan guru dan orang tua berbeda.

3). Tanggung Jawab

Sistem tatap muka ditujukan untuk melatih peserta didik agar bertanggung jawab terhadap tugasnya. Berbeda ketika sistem daring. Tentu tidak mudah bagi seorang guru untuk mencari jalan keluar atas permasalahan pembelajaran daring ini. Namun, guru tetap dituntut mencari solusi sebagai konsekuensi seorang pendidik.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*