Inilah Rute Lengkap Jalan Tol Yogyakarta-Bawen Sepanjang 75,82 Km, Selesai Kuartal Ketiga 2023

Jalan Tol Trans Jawa di waktu senja
Jalan Tol Trans Jawa di waktu senja (KalderaNews/JS de Britto)

JAKARTA, KalderaNews.com – Pemerintah terus melakukan peningkatan infrastruktur, salah satunya Proyek Strategis Nasional Jalan Tol Yogyakarta-Bawen. Jalan tol ini memiliki total panjang 75,82 Km yang melintasi dua provinsi sekaligus, yaitu Provinsi Jawa Tengah dan DIY.

Total panjang tol di Provinsi Jawa Tengah 67,05 Km, sementara itu untuk DIY 8,77 Km. Proyek ini ditargetkan mulai konstruksi pada Agustus 2021 dan diharapkan selesai sekaligus bisa dioperasikan pada kuartal ketiga tahun 2023.

Direktur Utama PT JJB Mirza Nurul Handayan menjelaska Jalan Tol Yogyakarta–Bawen akan dibangun dengan 2×2 lajur dengan lebar lajur 3,6 m serta dibangun dengan desain struktur at grade sepanjang 69,68 Km dan struktur elevated sepanjang 6,15 Km di Ring Road Barat Jogja tepatnya di atas selokan Mataram.

BACA JUGA:

Rencananya, jalan tol ini akan terhubung dengan Jalan Tol Semarang–Solo dan Jalan Tol Solo–Yogyakarta–YIA Kulon Progo. Tujuan rangkaian ini adalah membentuk segitiga emas yang dapat meningkatkan perekonomian dan konektivitas wilayah khususnya Yogyakarta, Solo dan Semarang.

Dalam pembangunannya ada 5 Simpang Susun (SS) dan 1 Junction yang akan dibangun dimulai dari Junction Bawen yang akan terkoneksi dengan Jalan Tol Semarang-Solo, SS Ambarawa, SS Temanggung, SS Magelang, SS Borobudur hingga SS Banyurejo yang terhubung dengan Junction Sleman Kec Melati, Kab Sleman, DI Yogyakarta yang akan terkoneksi dengan jalan tol Solo -Yogyakarta–YIA Kulon Progo.

Berikut ini 6 seksi Jalan Tol Yogyakarta-Bawen:

  • Seksi 1 Yogyakarta-Banyurejo sepanjang 8,25 Km
  • Seksi 2 Banyurejo sampai Borobudur sepanjang 15,26 Km
  • Seksi 3 dimulai dari Borobudur sampai Magelang sepanjang 8,08 Km
  • Seksi 4 dimulai dari Magelang sampai Temanggung sepanjang 16,46 Km
  • Seksi 5 dimulai dari Temanggung sampai Ambarawa sepanjang 22,56 Km
  • Seksi 6 dimulai dari Ambarawa sampai Bawen sepanjang 5,21 Km.

Proyek Tol Yogyakarta-Bawen sepanjang 75,82 Km rencananya melintasi tiga tunnel atau terowongan membelah bukit.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menegaskan perlunya membangun terowongan di sejumlah titik agar tidak merusak kondisi alam di lokasi. Antara Ambarawa dan Temanggung itu ada potensi lokasi tunnel karena tidak ingin merusak (objek wisata) Banaran.

Tiga tunnel itu berada di sekitar kawasan Pingit, terletak di antara trade Simpang Susun (SS) Temanggung dan SS Ambarawa.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*