Resapi Hari Pahlawan 10 November dengan Teladani Nilai Kepahlawanan




Logo Hari Pahlawan 2020. (KalderaNews.com/Dok. Kemensos)
Logo Hari Pahlawan 2020 (KalderaNews.com/Dok. Kemensos)

JAKARTA, KalderaNews.com – Hari Pahlawan selalu diperingati setiap 10 November. Momen tersebut untuk memperingati pertempuran Surabaya yang terjadi pada 1945. Meskipun pandemi Covid-19 membuat suasana jadi sepi, akan tetapi waktu tersebut dapat digunakan untuk meneladani nilai-nilai kepahlawanan di masa sekarang.

Asah Kepekaan

Pahlawan di zaman dahulu erat dengan bayangan bambu runcing. Zaman sekarang, makna pahlawan bergeser ke arah orang yang berjasa dalam meringankan beban hidup orang lain. Meskipun begitu, nilai-nilainya jangan pernah luntur, justru harus semakin digaungkan.

BACA JUGA:

Salah satu nilai kepahlawanan adalah memiliki rasa peka atas ketimpangan sosial. Seseorang harus banyak melihat fenomena untuk mengasah kepekaannya dengan hal yang kontras dari dirinya.

Cobalah rajin mengulik fenomena ketimpangan sosial untuk menumbuhkan jiwa peduli terhadap sesama.

Asah Keikhlasan

Keikhlasan di tengah kesulitan orang lain merupakan rasa yang harus ditumbuhkan pada masyarakat Indonesia. Pekalah untuk menolong dan mengangkat derajat orang lain yang dilandasi oleh rasa ikhlas.

Mengasah keikhlasan dapat dilakukan kepada orang sekitar yang terdampak Covid-19. Seluruh lapisan masyarakat Indonesia sedang terkendala untuk terus bergerak maju. Hal yang dapat seseorang lakukan, misalnya saling mengirimkan bantuan sangan dan papan melalui paket. Mungkin bagi kamu sepele, akan tetapi itu bernilai untuk orang lain.

Asah Kepemimpinan

Kepemimpinan merupakan nilai kepahlawanan yang sering dianggap umum, padahal tidak semua orang memiliki keahlian dalam memimpin. Seorang pahlawan senantiasa berinisiatif melakukan perubahan untuk masa depan yang lebih baik. Tentunya perubahan tersebut atas kemauan bersama, bukan hanya opini pribadi.

Asah Keberanian

Pahlawan berani mengambil keputusan untuk menentukan sikap terhadap masalah. Pahlawan sebagai penggerak semangat orang lain menyadari risiko yang akan dihadapi bersama. Maka dari itu, keberanian harus dilandasi oleh rencana dan eksekusi yang matang. Terdapat nasib orang lain yang dipertaruhkan ketika seorang pahlawan, sebagai pionir membuat keputusan.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*