5 Langkah Mengakses dan Mengaktifkan Akun Pembelajaran Kemendikbud




Siswa di SD Santo Yosef Lahat
SUSAH SINYAL: Hal serupa dialami peserta didik di SD Santo Yosef Lahat (KalderaNews/Dok. Yayasan Tarakanita)

JAKARTA, KalderaNews.com – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) resmi meluncurkan akun pembelajaran yang sifatnya tidak wajib bagi siswa, guru dan tenaga kependidikan.

Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Ainun Na’im menegaskan dengan akun pembelajaran dengan alamat belajar.id ini diperuntukkan untuk kelas 5 dan 6 SD atau paket A, kemudian siswa SMP maupun paket B, dan siswa SMA atau paket C, kependidikan, kepala satuan pendidikan dan operator.

Akun pembelajaran diberikan dalam bentuk akun Google karena insan pendidikan dapat mengakses aplikasi pendukung pembelajaran yang disediakan Google. Materi dan informasi dari Kemendikbud akan dikirimkan ke alamat pos elektronik akun pembelajaran. Akun pembelajaran akan digunakan untuk mengakses aplikasi-aplikasi resmi Kemendikbud.

BACA JUGA:

Akun pembelajaran akan menjadi salah satu jalur komunikasi resmi Kemendikbud ke peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan. Lantar bagaimana cara mengakses dan mengaktifkannya?

Berikut Ini 5 Cara Mengakses dan Mengaktifkan Akun Pembelajaran

  1. Operator satuan pendidikan masuk ke laman pd.data.kemdikbud.go.id
  2. Setelah masuk ke laman tersebut, operator satuan pendidikan memilih tombol “Unduh Akun” untuk mengunduh dokumen CSV yang berisi daftar nama akun (user ID) dan akses masuk akun (password) akun pembelajaran di satuan pendidikan yang bersangkutan.
  3. Operator satuan pendidikan mendistribusikan akun pembelajaran tersebut kepada setiap pengguna akun pembelajaran di satuan pendidikan yang bersangkutan
  4. Untuk mengaktifkan akun pembelajaran, pengguna menggunakan user ID dan password akun pembelajaran untuk login di laman mail.google.com
  5. Pengguna menyetujui syarat dan ketentuan penggunaan akun pembelajaran serta mengganti password akun pembelajaran.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*