3 Manfaat Seru Story Telling untuk Siswa dan Guru di Masa Pandemi

Ilustrasi Story Telling (KalderaNews/ Dok. Ist)
Ilustrasi Story Telling (KalderaNews/ Dok. Ist)

JAKARTA, KalderaNews.com – Membaca lalu menceritakannya kembali layaknya story telling dapat mengobati rasa rindu siswa terhadap sekolah tatap muka. Selain itu, guru dan siswa juga saling mengisi agar tidak kesepian. Dilansir edutopia, terdapat 3 manfaat lain jika guru bersedia meluangkan waktu untuk story teller:

Memperbaiki Koneksi

Ketika memulai pembelajaran jarak jauh, siswa merasa terisolasi dan terputus. Berbagi buku dan cerita membantu mereka merasa tidak terlalu sendirian. Sesi berlangsung sekitar 15 sampai 30 menit, tergantung pada cerita dan seberapa banyak siswa ingin mengobrol.

Menumbuhkan Kasih Sayang

Seiring berjalannya minggu, guru memasuki ritme yang nyaman. Siswa akan mampir pada waktu cerita, guru akan membaca buku bergambar, siswa akan memberikan komentar, guru memimpin momen bercerita dengan penuh perhatian, dan kemudian siswa akan tetap mengobrol.

BACA JUGA:

Guru sebisa mungkin memahami bahwa bahkan di saat stres, ketika ada kesalahan, lalu mereka mengakhiri hari dengan momen mencintai diri, maka mereka akan siap untuk memulai hari berikutnya dengan segar.

Setiap orang yakin bahwa merasa gugup itu normal, membuat kesalahan tidak apa-apa, dan berbagi cerita yang mereka sukai adalah yang terpenting.

Story Telling Berikan Rasa Senang Pada Murid

Waktu cerita virtual tidak harus di malam hari. Ini dapat bekerja dalam jam reguler hari sekolah online. Pustakawan sekolah sering mengadakan klub buku saat makan siang saat kita bertatap muka secara langsung, sehingga mereka dapat menyelenggarakan waktu cerita virtual selama istirahat makan siang.

Siswa rindu berhubungan dengan teman di semua tingkatan kelas dan kelas saat istirahat dan di ruang makan. Tidak perlu peralatan khusus, cukup laptop, tempat yang tenang dan nyaman, jauh dari gangguan, dan pencahayaan yang baik sehingga siswa dapat melihat buku saat mereka diangkat ke kamera.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*