Dear Pejuang PTN, Mau Lolos UTBK-SBMPTN 2021? Ikuti Tip Berikut Ini




Ilustrasi: Persyaratan, Tahapan, Biaya, dan Tanggal Penting UTBK-SBMPTN 2021. (KalderaNews.com/Ist.)
Ilustrasi: Persyaratan, Tahapan, Biaya, dan Tanggal Penting UTBK-SBMPTN 2021. (KalderaNews.com/Ist.)

JAKARTA, KalderaNews.com – Hasil SNMPTN 2021 telah diumumkan. Sebanyak 110.459 siswa dinyatakan lulus seleksi. Bagi yang belum lulus SNMPTN 2021, jangan berkecil hati. Lantaran, masih ada kesempatan untuk kuliah di PTN lewat jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2021.

BACA JUGA:

Pendaftaran UTBK-SBMPTN 2021 masih dibuka, maka segera daftarkan diri kamu sekarang juga. Pendaftaran ditutup pada 1 April 2021.

Nah, agar tidak gagal lagi, yuk ikuti tip berikut ini:

Cek peluang

Tiap PTN memiliki kriteria daya tampung dan kualitas yang berbeda. Hal ini dapat menyebabkan ketatnya persaingan. Semakin baik kualitas PTN, maka peluang untuk masuk pun lebih sulit. Maka kamu mesti bisa mengukur kemampuan diri yang disesuaikan dengan pilihan program studi dan PTN.

Hati-hati memilih program studi

Melanjutkan poin pertama, kamu mesti hati-hati dalam menentukan pilihan program studi. Cara informasi sebanyak mungkin terkait tingkat persaingan untuk masuk ke program studi pilihan kamu.

Konsultasikan pilihan kamu dengan orangtua, guru, teman, atau kakak kelas kamu. Dengan begitu kamu bisa menentukan pilihan program studi yang memiliki peluang besar diterima.

Teruslah berlatih mengerjakan soal

Setelah kamu menentukan pilihan PTN dan program studi, langkah berikutnya adalah teruslah belajar dan berlatih soal-soal. Karena untuk membuka peluang bisa lolos UTBK dalam seleksi SBMPTN, diperlukan pemahaman konsep yang nantinya akan dipertanyakan dalam soal.

Latihan soal ini bukan untuk dihafal, tetapi agar kamu lebih memahami konsep soal. Dengan sering berlatih, kamu akan lebih terbiasa menghadapi konsep-konsep soal.

Cari informasi detil

Langkah berikutnya, carilah informasi sebanyak mungkin tentang pelaksanaan UTBK SBMPTN 2021. Dengan informasi yang detil, kamu bisa lebih mempersiapkan diri menghadapi tes seleksi ini.

Persiapkan semua perlengkapan yang dibutuhkan, termasuk dokumen-dokumen yang diperlukan. Dan jangan lupa, tetap jaga kesehatan dengan asupan makanan dan olahraga yang teratur.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu!




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*