Inilah Peluang Kerja Lulusan Kimia Murni yang Harus Dipahami Calon Mahasiswa




Robbyn Anand, ahli Kimia dan asisten profesor di Iowa State University, mengembangkan alat pendeteksi COVID-19 yang praktis seperti alat tes kehamilan. (Iowa State University News Service)

JAKARTA, KalderaNews.com – Jurusan kimia atau biasa disebut kimia murni merupakan salah satu bagian dari jurusan kimia pada umumnya. Di jurusan ini kamu akan mempelajari lebih dalam tentang ilmu kimia yang meliputi sifat dan struktur zat, dan interaksi antara materi-materi penyusun zat. Meskipun terlihat seperti jurusan yang mencetak ilmuwan di laboratorium, tetapi lulusan kimia murni mempunyai peluang kerja yang luas, lho.

Bila kamu berencana atau telah mendaftar jurusan kimia, inilah peluang kerjanya yang harus kamu ketahui.

BACA JUGA:

Penelitian dan Pengembangan

Untuk sebuah industrI, posisi ini sangat penting. Sebab riset dan pengembangan merupakan bagian vital dalam sebuah keberlangsungan industri. Misalnya pada perusahaan pangan dan obat-obatan, peran posisi ini sangat penting. Lulusan kimia murni dapat bekerja di bagian ini dalam sebuah perusahaan.

Analis laboratorium

Perusahaan makanan, minuman, dan farmasi sangat membutuhkan ahli analis laboratorium ini untuk pengembangan produknya. Tidak hanya perusahaan makanan dan obat saja, lembaga penelitian, rumah sakit, dan tim forensik juga membutuhkan ahli analis laboratorium ini.

Ahli Kimia

Menjadi ahlli kimia merupakan tujuan awal mengambil kuliah jurusan ini. Seorang ahli kimia bertugas melakukan analisis atau eksperimen kimia secara kualitatis dan kuantitatif di laboratorium untuk mengembangkan pengetahuan baru atau kontrol terhadap kualitas sebuah produk.

QC dan QA

QC atau Quality Control dan QA atau Quality Assurance merupakan posisi yang sangat krusial di semua perusahaan. Posisi ini bertuhas menjaga kualitas produk tetap baik. Seorang QC akan bekerjasama dengan bagian R&D atau litbang untuk meningkatkan dan mengembangkan produknya.

Seorang QC memiliki tanggung jawab untuk menjaga kualitas produk mulai dari bahan baku, proses pengolahan, hingga berwujud produk dan dikemas dengan baik.

Bila QC menjaga kualitas maka QA merupakan posisi yang menjamin kualitas produk.

Bidang Kesehatan dan Keselamatan Lingkungan

Lulusan jurusan kimia murni mempunya banyak kesempatan untuk bekerja di bidang kesehatan dan keselamatan lingkungan. Bila memilih karier di bidang ini, kamu kan bekerja untuk meneliti sampel air, tanah atau bahan lainnya untuk diuji. Rekomendasi hasil uji dapat dijadikan sebagai pengembangan layanan.

Pengajar

Bila kamu mempunyai passion untuk mengajar dan mendidik, menjadi dosen atau pengajar dapat menjadi pilihan. Dengan memilih karier menjadi pengajar kamu berkesempatan melanjutkan pendidikan hingga jenjang doktoral.

Tetap optimis dalam mengikuti perkuliahan sambil mencari peluang kerja paruh waktu merupakan tren mahasiswa saat ini. Mencari peluang dan membangun jejaring merupakan hal yang dapat dikembangkan pada masa studi.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan bagi pada saudara, sahabat dan teman-temanmu!




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*