Beginilah Resep Sehat Selama Libur Idulfitri dan untuk Pelajar dan Mahasiswa

Ilustrasi: Tetap Bugar Setelah Liburan

JAKARTA, KalderaNews.com – Ramadan telah berlalu dan masuk ke suasana Lebaran. Bila selama Ramadan kemarin telah tubuh kita mengalami penyesuaian baru melalui ibadah puasa, suasana Idulfitri dapat menjadi kesempatan perubahan. Ibadah puasa membuat tubuh melakukan penyesuaian agar tetap sehat dan bugar.

Agar tetap bugar seperti sebelumnya, beginilah resep yang dapat dilakukan oleh pelajar dan mahasiswa selama pada masa libur Idulfitri.

BACA JUGA:

Selalu ingat tujuan sehat

Tujuan untuk selalu sehat dan bugar harus diingat setiap saat. Dengan mengingat tujuan ini maka setiap langkah menjaga sehat dan kebugaran menjadi acuan tiap hari. Misalnya bila menjaga kesehatan untuk menurunkan berat badan, maka target berat badan harus menjadi acuan. Tujuan sehat yang jelas akan membuat kita disiplin menjalankan kegiatan sehat.

Sesuaikan pola makan

Banyaknya makanan saat suasana Lebaran kerap membuat pola makan berubah. Hal ini harus diantisipasi, ya. Banyak makanan tersaji yang mengandung kalori tinggi. Makanan-makanan tersebut memang menggoda. Selalu  ingat pola makan dan tujuan awal untuk sehat akan membuat kita terhindar dari godaan makanan lezat tersebut secara berlebih.              

 Perhatikan asupan makanan sehat

Setelah mempunyai tujuan dan pola makan sehat, kita pasti sudah menyusun jenis makanan yang dipilih. Bila selama suasana lebaran sulit menemukan makanan sehat sesuai rencana, setidaknya hindari makanan yang mengandung gula dan lemak terlalu tinggi.  

Tetap perhatikan air putih

Air putih merupakan senjata utama untuk menjaga kesehatan dan kebugaran. Tetap perhatikan jumlah konsumsi air putih dalam sehari. Jumlah air putih yang cukup sesaat sebelum makan akan membuat perut tetap terasa kenyang tanpa makan banyak.

Isi kegiatan harian

Kegiatan selama suasana lebaran harus tetap dijaga. Libur Idulfitri jangan sampai membuat kegiatan harian yang telah biasa dilakukan terhenti. Seimbangkan kegiatan harian, jangan sampai terlalu banyak duduk dan diam saja.

Manajemen stres

Saat libur Idulfitri merupakan masa yang tepat untuk menurunkan stres belajar daring selama ini. Manajemen stres yang baik akan membuat metabolisme juga berjalan baik. Saat stres, hormon kortisol pada tubuh akan meningkat. Peningkatan hormon ini akan memengaruhi produksi insulin dalam tubuh yang akan berdampak pada proses pembakaran lemak.

Variasi olahraga

Lakukan variasi olahraga agar tidak bosan. Selain membuat variasi olahraga, aturlah jadwal olahraga sesuai dengan kegiatan selama liburan. Cari teman yang dapat diajak melakukan olahraga teratur agar lebih bersemangat.

Tetap tidur cukup

Pola tidur yang cukup dibutuhkan untuk tetap menjaga kesehatan selama masa liburan. Begadang dan kurang tidur dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan yang semestinya dapat dihindari dengan pola tidur yang baik.

Itulah resep menjaga kesehatan dan kebugaran yang dapat dikerjakan selama libu Idulfitri. Kunci keberhasilan kesehatan dan kebugaran yang terjaga adalah konsisten dalam melakukan gaya hidup sehat ini.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan share pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*