Masuki Era Pendidikan Hybrid, 25 Ribu Guru Dilatih Keterampilan Digital Abad 21

Peluncuran program digitalisasi sekolah di Gedung Srindit Ranai, Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau, Rabu, 18 September 2019
Peluncuran program digitalisasi sekolah di Gedung Srindit Ranai, Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau, Rabu, 18 September 2019 (KalderaNews/Kemdikbud)

JAKARTA, KalderaNews.com – Microsoft bekerjasama dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi menggelar pelatihan bagi 25 ribu guru se Indonesia. Mereka mendapat pelatihan keterampilan digital di abad 21.

Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi mengatakan, seiring dengan transisi dunia pendidikan ke era hybrid yang mengintegrasikan pembelajaran daring dengan tatap muka, maka keterampilan dan penguasaan teknologi memainkan peranan yang semakin penting.

Ditambah situasi pandemi yang mendorong untuk semakin cepat beradaptasi dengan perkembangan teknologi, tak terkecuali di dunia pendidikan. Untuk itu, sinergi dengan berbagai pihak dalam meningkatkan keterampilan digital para pelaku pendidikan menjadi sangat penting.

BACA JUGA:

Maka pelatihan keterampilan digital gratis Microsoft bagi para guru menjadi salah satu inisiatif yang baik terkait bagaimana membantu pelaku pendidikan di Indonesia untuk semakin siap dengan era pembelajaran hybrid. 

“Pelatihan ini menjadi penting karena guru adalah penggerak transformasi digital utama bagi dunia pendidikan. Selama seluruh pelaku pendidikan memiliki pola pikir untuk terus belajar dan berkembang, saya optimis transformasi digital pendidikan demi Indonesia merdeka belajar dapat kita realisasikan bersama,” ujar Iwan Syahril.

Pelatihan digital bagi para guru terbagi ke dalam dua kelas, yaitu dasar (terbuka untuk semua guru) dan menengah (terbuka bagi guru yang telah lulus kelas dasar).

Kelas dasar berfokus pada pelatihan keterampilan teknologi dasar seperti penggunaan fitur-fitur umum Outlook, Microsoft Teams, dan Class Notebook. Sementara kelas menengah memiliki fokus pada transformasi pengalaman belajar di dalam kelas digital, serta otomatisasi pekerjaan dalam dunia pendidikan, seperti dengan menggunakan Microsoft Planner, Minecraft, dan Power Automate.

Sementara itu, Benny Kusuma, Education Lead, Microsoft Indonesia mengatakan, percepatan transformasi digital dalam dunia pendidikan merupakan salah satu hal krusial di tengah perkembangan situasi saat ini. Pelatihan Keterampilan Digital Abad 21 pun menegaskan komitmen Microsoft untuk memodernisasi pendidikan, serta menambah pelatihan bagi 3 juta orang Indonesia dan memberdayakan lebih dari 24 juta orang Indonesia hingga akhir tahun 2021.

“Kami senang melihat tingginya antusiasme para guru di Indonesia terhadap pelatihan ini. Kami berharap materi yang diberikan dapat membantu guru untuk mengembangkan efektivitas dan kreativitas mereka di kelas digital. Dengan demikian, siswa di Indonesia pun dapat terus belajar secara produktif,” ujar Benny Kusuma.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu!




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*