Dosen UAD Ciptakan Sistem Deteksi Kerusakan Jalan




Aditya Rosyady peraih juara II Pemuda Pelopor Bidang Inovasi Teknologi Kota Yogyakarta Tahun 2021. (KalderaNews.com/Foto.Ist)
Aditya Rosyady peraih juara II Pemuda Pelopor Bidang Inovasi Teknologi Kota Yogyakarta Tahun 2021. (KalderaNews.com/Foto.Ist)

YOGYAKARTA, KalderaNews.com – Dosen Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta, Phisca Aditya Rosyady meraih juara II Pemuda Pelopor Bidang Inovasi Teknologi Kota Yogyakarta Tahun 2021. Ia meraih prestasi ini berkat inovasinya menciptakan sistem deteksi dan analisator kerusakan jalan raya di Yogyakarta yang diberi nama Amarto.

Untuk melakukan deteksi kerusakan jalan, Amarto menjalankan sistemnya berbasis citra digital dan GPS. Sistem ini mampu mendeteksi jalan rusak berupa lubang jalan dan masalah kerusakan lain.

“Riset ini dikembangkan sejak tahun 2020 dan lolos skema penelitian tematik Bappeda Pemerintah Kota Yogyakarta. Kami juga bekerja sama dengan Dinas Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Dan Kawasan Permukiman untuk uji kelayakannya. Saat ini masih dalam tahap finishing,” jelasnya.

BACA JUGA:

Aditya menjelaskan, kelebihan sistem ini akan membantu dinas bina marga untuk mendeteksi dan menganalisis kerusakan jalan secara otomatis. Analisis lubang jalan dengan sistem ini akan ditempelkan ke kendaraan.

“Jika kendaraan melintasi jalan berlubang maka sistem akan mendeteksi dan mengambil data sekitar satu sampai tiga detik. Kami sudah bisa mengetahui koordinat GPS lokasi lubangnya, kemudian yang kedua besarnya lubang, area luasnya dan kedalaman lubang,” ujar Aditya.

Selain itu, sistem ini juga akan memberi informasi beban perbaikannya, seperti berapa material aspal dan bahan-bahan perbaikan yg diperlukan. Aditya menambahkan, sistem akan mengarsipkan history kerusakan jalan tersebut, sehingga dinas juga akan memiliki data rekap informasi kerusakan jalan lengkap dengan tanggal pengambilan datanya.

Aditya berharap, sistem ini menjadi salah satu solusi untuk memudahkan deteksi dan analisis kerusakan jalan yang efektif, efisien dan terdokumentasi dengan baik. Dengan data yang akurat, proses perbaikan jalan juga akan berjalan dengan cepat.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*