Muljono, M.AK, CFP: PHK Bukanlah Kiamat!

Trainer Perencanaan Keuangan dan Perencanaan Pensiun, Muljono, M.AK, CFP
Financial Educator dan Trainer Perencanaan Keuangan dan Perencanaan Pensiun, Muljono, M.AK, CFP (KalderaNews/Dok. Pribadi)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Pandemi Covid-19 menyebabkan gelombang pensiun dini dan PHK besar-besaran. Tak hanya itu saja, banyak UMKM juga gulung tikar. Pandemi benar-benar membuat berbagai sendi kehidupan menjadi lesu.

PHK adalah kata-kata yang menakutkan dan mengkhawatirkan bagi banyak orang. Lantas apa yang dirasakan ketika kena PHK dan apa yang dipikirkan pertama kali? Tentu saja, PHK telah membuat banyak orang stres karena takut tidak makan. Nanti dapat uang dari mana?

BACA JUGA:

“PHK bukanlah kiamat, justru PHK adalah tempat ujian atau menempa diri untuk menjadi orang yang hebat dan mandiri,” tegas Financial Educator dan Trainer Perencanaan Keuangan dan Perencanaan Pensiun, Muljono, M.AK, CFP di Jakarta.

Menurutnya, PHK justru memberikan ruang yang lebar untuk menemukan peluang berkreasi dan mendapatkan pundi-pundi uang yang banyak. Ia pun berpesan agar siapa pun tidak perlu takut PHK. Yang perlu disiapkan adalah kesiapan diri menjalani masa transisi dengan bijaksana.

Selanjutnya, ia pun memberikan analogi agar mereka yang kena PHK berani “mengganti ban lama”. Mengganti ban lama dengan yang baru tidak serta merta belajar sesuatu yang baru.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*