Segudang Prestasi Mengantar Refa Jadi Mahasiswa Berprestasi 2021, Ukir Sejarah bagi Unand




Refa Rahmaddiansyah, mahasiswa Universitas Andalas (Unand), pemenang Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) 2021. (KalderaNews.com/Dok.Unand)
Refa Rahmaddiansyah, mahasiswa Universitas Andalas (Unand), pemenang Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) 2021. (KalderaNews.com/Dok.Unand)

PADANG, KalderaNews.com – Refa Rahmaddiansyah, mahasiswa Fakultas Kedokteran, Universitas Andalas (Unand) memenangi ajang Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) Program Sarjana Tingkat Nasional tahun 2021.

Ini bukanlah prestasi pertama bagi Refa, sapaannya. Tapi, prestasi Refa ini mengukir sejarah bagi Unand. Sejak pertama kali mengikuti Pilmapres pada 1986, baru kali ini mahasiswa Unand menjadi meraih juara. Prestasi ini juga menjadi kado istimewa bagi Unand yang sedang merayakan Dies Natalis ke-65.

BACA JUGA:

“Saya bersyukur, sangat senang sekali. Ini bukan hanya atas kerja keras saya sendiri, tapi prestasi yang melibatkan banyak pihak,” ujar pria kelahiran Batang Kapas, Pesisir Selatan, 10 Juli 2000 ini.

Kampus Unand, lanjut Refa, memfasilitasi semuanya dari awal seleksi. “Mereka memang well-prepared. Mereka mencari bibit terbaik yang disesuaikan dengan indikator penilaian di nasional,” kata Refa.

Terpilih sebagai juara pertama di ajang Pilmapres 2021 memang bukan prestasi pertama Refa. Sejak SD, anak semata wayang dari pasangan Rizwan Fauzi SH, dan Fettry Wanti ini telah menunjukkan prestasi.

“Awal prestasi juara yang saya raih yakni ketika mendapat juara 3 MTQ tingkat anak-anak se-Kabupaten Pesisir Selatan, lalu meraih peringkat juara di sekolah mulai SD hingga SMA,” cerita Refa.

Di ajang internasional, Refa telah menyabet 11 medali emas, empat medali perak, dan tiga medali perunggu. Di antara medali emas ajang internasional yang diraih Refa adalah International Conference Agromedicine and Medical Science (ICAMS), OCIIP Expo di Nigeria, World Invention Competition and Exibition Inventors of Indonesia, International Invention Festival Inventors of Indonesia, International Invention Festival, World Invention Creativity Olympic, serta Sahasak Nimavum di Srilanka.

Lantaran deretan prestasi itu, Refa pun mendapatkan beasiswa PPA dari Kemendikbud RI tahun 2019-2020, dan beasiswa dari Djarum Beasiswa Plus tahun 2020-2021.

Selain langganan meraih prestasi, Refa juga aktif dalam beberapa organisasi. Ia pernah menjadi staf bidang Hubungan Masyarakat (Humas) Forum Generasi Berencana Kabupaten Pesisir Selatan, Ketua UKM Medicalstudent Research Centre (MRC) BEM KM FK Unand, Koordinator Komisi 2 Komisi Pemilihan Umum (KPU) Badan Analisis dan Pengembangan Ilmiah Nasional BAPIN ISMKI.

Rektor Unand, Prof. Dr. Yuliandri memberikan apresiasi atas prestasi yang diraih Refa. “Ini melengkapi hadiah ulang tahun Unand yang ke-65 pada Lustrum XIII Unand,” ujarnya.

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*