Dear Parents, Inilah 5 Tip yang Dapat Membuat Anak Rajin Belajar

Ilustrasi orang tua mengajarkan pentingnya pendidikan pada anak (KalderaNews/Ist)
Orangtua dan anak di rumah (KalderaNews/Ist)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Salah satu persoalan orangtua saat mendampingi anak belajar di sekolah yaitu malas belajar. Seringkali saat disuruh belajar berbagai alasan sering dilontarkan oleh, seperti rasa lelah maupun ingin istirahat sebentar.

Berbagai cara dilakukan orangtua agar anaknya dapat mengerjakan PR dan mau belajar secara mandiri. Cara yang biasa dilakukan adalah mengikutkan anak bimbingan belajar atau mendatangkan guru pribadi ke rumah.

BACA JUGA:

Namun, cara itu terkadang belum tentu berhasil. Biasanya anak akan belajar saat mengikuti bmbingan belajar atau saat bersama guru pribadi saja. Setelahnya, anak memanfaatkan waktu hanya untuk bermain.

Inilah 5 tip yang dapat dilakukan orangtua untuk memuat anak lebih rajin belajar.

Menjadi contoh yang baik

Hal terpenting adalah orangtua harus mampu menjadi role model dalam proses belajar anak. Orangtua sebaiknya membiasakan melakukan berbagai aktivitas belajar apapun di hadapan anak.  Misalnya dengan melakukan aktivitas membaca atau menyelesaikan pekerjaan rumah tangga di hadapan anak. Saat terbiasa melihat orangtuanya belajar maka anak akan melakukannya juga.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*