Inilah Beberapa Jenis Soft Kill yang Harus Kamu Tahu, Nomor 5 Penting Banget




Soft Skill yang Harus Dilatih
Ilustrasi: Soft Skill yang Harus Dilatih

JAKARTA, KalderaNews.com – Selain ijazah dan nilai akademis, soft skill juga sangat diperlukan saat meniti karier. Perusahaan akan mempertimbangkan soft skill apa saja yang kita  miliki. Itulah mengapa kita perlu mencantumkan soft skill yang kita miliki di dalam CV saat melamar pekerjaan.

Keberadaan soft skill merupakan hal yang cukup penting dalam dunia kerja, sebab soft skill selalu mendukung kinerja dan hubungan kita dengan kolega. Inilah beberapa soft skill yang harus kamu ketahui. Kamu punya soft skill yang nomor berapa?

BACA JUGA:

Kemampuan bekerja sama

Di dunia kerja nanti kamu harus siap untuk bekerja sama dengan banyak orang. Kemampuan bekerja sama ini sangat penting untuk dimiliki karena akan berpengaruh langsung pada performa bekerja, kamu juga akan bekerja daalm sebuah tim sehingga kemampuan kerja sama ini sangat penting demi membentuk tim yang solid.

Kemampuan adaptasi

Kita harus punya keterampilan dalam beradaptasi di lingkungan baru. Sulit beradaptasi di suatu lingkungan kerja akan membuatmu tidak bisa bekerja dengan kemampuan terbaikmu. Itulah mengapa perusahaan akan mencari kandidat yang memang kemampuan adaptasinya bagus.

Manajemen waktu

Manajemen waktu merupakan contoh jenis soft skill berikutnya yang tidak kalah penting. Hal ini terdengar mudah, tetapi mengatur waktu kadang menjadi tantangan tersendiri. Jika tidak ada kemampuan manajemen waktu yang baik maka pekerjaan bisa menumpuk dan tidak terselesaikan sesuai harapan. Hal ini tentu akan merugikan diri sendiri juga perusahaan,

Kepemimpinan

Dibutuhkan jiwa kepemimpinan yang kuat di dunia kerja. Pada akhirnya kamu pasti ingin ingin mendapatkan jabatan yang lebih tinghi di perusahan. Tentunya hal hal ini didapatkan apabila kamu memang memiliki keterampilan kepemimpinan. Skill ini bisa didaptkan dengan berlatih sedini mungkin dalam mengendalikan atau memimpin sebuah tim.

Percaya diri

Jenis soft skill yang juga tidak kalah penting di dunia kerja adalah percaya diri. Tidak semua orang memiliki kemampuan ini. padahal kepercayaan diei ini akan menjadi pondasi yang kuat bagi kita untuk mengembangkan karier. Kepercayaan diri ini akan memberikan nilai positif pada karakter kita dan kita bisa beradaptasi dengan mudah dalam situasi apapun.

Komunikasi

Soft skill yang juga punya peran penting adalah kemampuan dalam komunikasi. Terdengar sederhana tetapi nyatanya banyak juga orang yang tidak bisa berkomunikasi dengan lancar. Mereka kesulitan menyampaikan gagasan dan tidak bisa menjadi pendengar yang baik. Padahal komunikasi akan menjadi kunci penting dalam menyelesaikan pekerjaan.

Kreativitas

Soft skill lainnya adalah kreativitas. Hal ini juga merupakan sebuah keterampilan yang tidak dimiliki oleh semua orang. Dengan adanya kreativitas, maka kita dapat melahirkan inovasi-inovasi dalam karier. Hal ini akan memberikan nilai lebih sehingga perjalanan kariermu bisa meningkat sesuai harapan.

Beberapa jenis soft skill tersebut di atas merupakan soft skill yang perlu diketahui. Semua jenis soft skill ini sangat penting untuk dimiliki karena akan menjadi bekal yang sangat bermanfaat di dunia kerja nantinya. Pastikan untuk mengasah keterampilan tersebut sejak masih sekolah atau kuliah dan mulai pupuk percaya diri untuk menuliskannya pada CV saat melamar kerja nanti. Good luck!

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*