Kamu Fresh Graduate? Wajib Miliki 5 Skill Ini di CV

Agar CV dilirik perusahaan impian, 5 skill ini wajib dimiliki fresh graduate (Kalderanews.com/Ist)
Agar CV dilirik perusahaan impian, 5 skill ini wajib dimiliki fresh graduate (Kalderanews.com/Ist)

JAKARTA, KalderaNews – Bagi mahasiswa, perjalanan hidup sesungguhnya baru akan dimulai setelah lulus kuliah. Sebagian dari mereka melanjutkan pendidikan sementara yang lainnya harus berjuang masuk ke dunia kerja.

Sebagai langkah awal masuk ke dunia profesional, Anda tentu harus memiliki Curriculum Vitae (CV) sebagai bekal utama melamar kerja. Hal ini perlu disiapkan sebaik mungkin agar perusahaan tujuan melirik Anda.

Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan menguasai berbagai keterampilan/skill yang dapat menunjang pekerjaan. 

BACA JUGA:

Berikut, 5 skill yang wajib dimiliki para fresh graduate untuk masuk ke dunia kerja:

1.Skill Berkomunikasi

Keterampilan utama yang wajib Anda miliki pada CV adalah kemampuan berkomunikasi. Setiap perusahaan biasanya akan mencari calon karyawan yang mampu berkomunikasi dengan baik secara lisan maupun tulisan agar kelak interaksi bersama rekan kerja, atasan, maupun klien berjalan lancar.

Tidak hanya membantu Anda berkomunikasi dengan baik, skill ini juga akan sangat berguna saat harus presentasi kerja kelak. Jika saat ini Anda masih berkuliah, segera pelajari keterampilan ini untuk menunjang karier di masa depan.

2.Kemampuan Bekerja Individu Maupun Dalam Tim

Setelah mampu berkomunikasi dengan baik, skill lain yang wajib Anda milikiadalah kemampuan bekerja secara individu maupun berkelompok.

Perubahan struktur di perusahaan mungkin saja terjadi dan menempatkan Anda harus bekerja sendiri tanpa supervisi maupun berkelompok.

Biasanya perusahaan sangat senang dengan karyawan yang memiliki skill ini karena menunjukkan manajemen penguasaan diri dan adaptasi.

3.Kemampuan Menyelesaikan Masalah dan Mengambil Keputusan

Skill lain yang tak kalah penting dimiliki fresh graduate di CV adalahpenyelesaian masalah dan mengambil keputusan. Saat bekerja akan banyak

situasi yang mengharuskan Anda mampu menyelesaikan sendiri masalah dan mengambil keputusan tanpa intervensi dari orang lain. 

Meskipun terdengar sepele, praktiknya tidaklah mudah. Saat mengambilkeputusan, Anda harus memikirkan banyak hal seperti konsekuensi dan menggunakan data pendukung jika diperlukan.

4.Keterampilan Teknis

Keterampilan teknis jadi salah satu skill terpenting yang wajib ada di CV Anda. Skill ini merupakan pengetahuan dan kemampuan yang dapat diperoleh melalui pelatihan atau pengalaman Anda di tempat magang.

Calon karyawan yang memiliki kemampuan ini akan lebih dilirik oleh perusahaan karena dianggap telah memiliki bekal untuk menunjang kinerja di kantor. 

Salah satu contoh keterampilan teknis yang dapat Anda coba pelajari adalah analisis data menggunakan Google Analytics.

5. Terampil Merencanakan dan Mengorganisir Pekerjaan

Kemampuan seseorang dalam membuat plan kerja serta strategi mencapai target yang ditentukan jadi salah satu hal yang dicari perusahaan.

Meskipun terkesan mudah, karyawan yang mampu mengatur dirinya akan dianggap perusahaan mampu fokus pada pekerjaan sehingga dapat menunjang produktivitas dan bekerja secara efisien.

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.



Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*