Bosan di Rumah? Ikut Tur Virtual Lewat 5 Situs Ini

Jalan-jalan gratis selama pandemi dengan ikuti tur virtual di 6 situs ini (KalderaNews.com/Ist)
Jalan-jalan gratis selama pandemi dengan ikuti tur virtual di 6 situs ini (KalderaNews.com/Ist)

JAKARTA, KalderaNews.com – Selama pandemi, pariwisata menjadi salah satu sektor paling terdampak. Banyak rencana perjalanan ke dalam maupun luar negeri terpaksa dibatalkan. Masyarakat pun diimbau tetap di rumah untuk mengurangi penularan virus.

Meskipun belum bisa berlibur, Anda dan keluarga masih bisa menikmati indahnya pemandangan dari berbagai penjuru dunia dengan melakukan tur virtual.

Melalui tur virtual, diharapkan dapat sedikit mengobati kerinduan Anda untuk jalan-jalan.

BACA JUGA:

Melansir Edutopia, berikut, 6 situs yang dapat dicoba untuk melakukan tur virtual:

1.Google Maps Trek

Menggabungkan antara Google Maps dan Google Earth, situs ini akan membantu Anda melihat area di sekitar tempat wisata pilihan Anda.

Untuk mengikuti tur virtual, caranya sangat mudah. Anda cukup mengunjungi situsnya lalu pilih tempat yang akan dijelajahi. Setelah itu, dengan sistem navigasi mudah ala Google Maps, Anda dapat berkeliling melihat keindahan tempat yang dituju.

Beberapa lokasi yang dapat Anda pilih di antaranya: Petra, Yordania, Gunung Fuji di Jepang, dan Great Barrier Reef di Australia.

2. Air Pano

Berkeliling melihat indahnya dunia secara gratis? Tentu bisa! Dengan tur virtual melalui Air Pano, Anda akan diajak menelusuri berbagai tempat terkenal dunia seperti Pagoda Schwedagon di Myanmar.

Sepanjang tur, mata Anda akan dimanjakan melalui gambar dan video dengan format 360 derajat. Situs ini sangat cocok untuk Anda yang gemar bepergian keluar negeri.

3. National Geographic

National Geographic memang telah dikenal sebagai lembaga sains dan pendidikan non-profit dengan hasil gambar luar biasa. Kini, melalui saluran Youtube mereka, kita akan diajak untuk belajar berbagai hal mulai dari budaya, makanan, sampai dengan dunia fauna dari rumah.

Anda dapat memilih salah satu video, lalu dengan kursor atau trackpad videodapat berputar ke arah berbeda untuk melihat pemandangan.

4. 360 Cities

Situs ini berisi kumpulan stok gambar 360 derajat dari berbagai sumber yang diunggah oleh para penggunanya. Selain mengagumi keindahan tempat wisata yang Anda kunjungi, versi sekolah dari situs ini juga dapat digunakan untuk memberikan pengalaman belajar lebih dinamis seperti membuat rancangan tur terpadu.

5. Google Art and Culture

Produk lain dari Google yang dapat Anda gunakan untuk melakukan perjalanan virtual adalah Google Art and Culture. 

Konsep perjalanan yang diusung masih serupa, menggunakan gamabr dan video yang dapat berputar 360 derajat. Namun, di sini Anda juga dapat belajar mengenai sejarah serta fakta menarik dari lokasi yang dipilih.

Situs ini juga lebih dinamis bagi siswa karena dapat dinikmati melalui telepon pintar atau tablet.

——————————–

Dengan 5 situs di atas, Anda tentu tidak lagi merasa bosan karena dapat menjelajah berbagai tempat di seluruh dunia, bukan?

Tetap di rumah, ikuti protokol kesehatan, dan berdoa agar pandemi segera berakhir sehingga Anda serta keluarga dapat kembali berlibur.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*